Siswa SMKN 2 Kota Probolinggo Sumbangkan Prestasi Dalam Berbagai Even


Siswa SMKN 2 ketika mengikuti ajang lomba seni tingkat Provinsi di Malang.

PROBOLINGGO - Sebagai lembaga pendidikan kejuruan yang intens mencetak siswa berprestasi dalam berbagai keilmuan, tak berlebihan apabila SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) hingga saat ini masih menjadi referensi para orang tua untuk menyekolahkan anak di jenjang pendidikan ini. 

Kenyataan ini juga dirasakan oleh SMKN 2 kota Probolinggo yang komitmen menciptakan siswa dengan skill dasar teknik kejuruan yang memadai, sehingga lulusan sekolah ini akan mampu berkiprah mengembangkan kemampuannya saat berada di masyarakat. Namun lembaga pendidikan ini, selain fokus pada pembekalan teknis kejuruan pada siswanya, ternyata sekolah ini juga menempa para siswa untuk menguasai bidang lain selain akademik.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Drs Sunardi MM, Kepala Sekolah SMKN 2 kota Probolinggo saat ditemui diruang kerjanya kemarin. Menurut pria yang telah memimpin SMKN 2 selama hampir 10 tahun ini, pihaknya berupaya terus meningkatkan pembelajaran yang mengarah pada kemajuan sekolah ini, baik pembelajaran teknik sesuai dengan jurusan masing-masing hingga mengarahkan siswanya untuk menguasai kemampuan lain diluar akademik. “Kita berupaya agar siswa selain menguasai kemampuan dasar teknik, juga kita bekali dengan kemampuan diluar akademi, misalnya olahraga dan seni.”Ujarnya.

Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin foto bersama para pemenang lomba musik patrol Kampung Ramadhan, sqalah satunya grup siswa SMKN 2 kota Probolinggo.

Dijelaskan oleh Sunardi, dengan adanya fasilitas dan sarana penunjang yang berada disekolah ini, setidaknya apa yang menjadi dasar kemampuan siswa akan tersalurkan seperti adanya sarana olahraga dan sarana penunjang lainnya. “Seperti yang bisa disaksikan bahwa fasilitas disekolah ini telah lengkap, mulai bersifat akademik, Olahraga maupun seni. Kita tak terhitung telah banyak menjuarai berbagai even baik lokal maupun regional.”Jelas Sunardi.

Kenyataan ini dapat dibuktikan dengan adanya sumbangsih siswa siswi SMKN 2 kota Probolinggo melalui prestasi yang dimiliki dalam berbagai kejuaraan. Seperti yang terpantau dalam beberapa tahun terakhir, siswa sekolah dapat menyabet juara 3  Festival Musik Patrol Kampung Ramadhan yang diselenggarakan Pemerintah kota Probolinggo dan Jtv, bahkan siswa SMKN 2 meraih juara harapan tingkat 1 se Jawa timur di Malang yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur. Bahkan tidak sedikit siswa sekolah ini yang turut dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim yang difasilitasi Pemkot melalui KONI kota Probolinggo.

“Kita patut berbangga diri atas prestasi yang telah diberikan oleh anak-anak kita dalam berbagai ajang baik berskala daerah ataupun provinsi. Diharapkan prestasi ini akan terus bisa dikembangkan selain mengasah kemampuan dibidang akademik kejuruan yang selama ini didapatkan dari sekolah, kemampuan dibidang non akademik juga bisa menjadi poin untuk mengembangkan karier masa depan.”Pungkas Sunardi, KS SMKN 2 kota Probolinggo. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement