Awak Media Gelar Diskusi Bersama BPJS Kesehatan


BATULICIN - Pihak BPJS Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu mengundang pihak awak media cetak dan elektronik di wilayah ini dalam gelar Diskusi terkait Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dalam diskusi itu  di pandu langsung kepala BPJS Cabang Banjarmasin Tutus Novita Dewi,di Hotel Eboni Batulicin ,Kamis Malam (01/07/19 ).

Diskusi membahas berbagai mekanisme JKN itu sendiri, dimulai dari kriteria kepesertaan  hingga persoalan iuran maupun kewajiban pelayanan BPJS terhadap terhadap pemegang kartu JKN tersebut. Termasuk belum terkapernya sebagian masyarakat yang belum memiliki JKN dari 318 ribu warga Tanah Bumbu.

"Berdasarkan catatannya, masih dibawah rata - rata nasional, yang terdaftar hanya 61 persen, masih ada sekitar 28 persen yang belum masuk JKN,"sebut Tutus Novita Dewi dalam diskusi bersama awak media tersebut .

Berbagai upaya dilakukan BPJS Kesehatan sendiri untuk meningkatkan kepesertaan itu yaitu terus menggandeng pihak perusahaan maupun Pemerintah Daerah.Sehingga target yang diharapkan masuk  dalam standar nasional kepesertaan. Diskusi makin menarik, didalamnya membahas masalah keluhan iuran BPJS Kesehatan dari pihak ASN dan Tenaga Non PNS yang sama sama berpenghasilan. 

Pasalnya sebelum berubah nama dari Askes ke BPJS,iuran hanya ditanggung salahsatu suami atau istri yang bekerja. Namun setelah  berubah nama maka keluarlah sebuah peraturan yang mengharuskan setiap pihak yang berpenghasilan diwajibkan atas iuran itu. "Meskipun sama sama bekerja tetap diwajibkan ikut iuran.Itupun BPJS masih menanggung anak peserta yang menjadi tanggungan orang tuanya."ujar Tutus. (irfan)

Posting Komentar

0 Komentar