Awali Pencegahan Karhutla, Tanbu Gelar Apel Gabungan


BATULICIN - Sebagai bentuk aksi pencegahan terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar apel gabungan yang terbentuk dalam Satgas Karhutla tersebut.

Apel gabungan itu ditandai dengan pemeriksaan terhadap pasukan, sekaligus penyematan tanda Satgas Karhutla kepada 
perwakilan TNI dan Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat serta  perwakilan Masyarakat Perduli Api (MPA). Jum at (08/08/19) dihalaman Kantor Bupati.

Pemeriksaan pasukan dan penyematan tanda tersebut di lakukan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Sekdakab Tanbu) H. Rooswandi Salem, Kapolres Tanah Bumbu AKBP. Kusbiantoro.S.IK , serta Dandim  1022 Tanbu Letkol  Bintarto. 

Sekdakab Tanbu H. Rooswandi Salem saat menyampaikan sambutan Bupati mengatakan. Dalam penyerahan Satgas Karhutla ini berkaitan erat dengan kondisi  cuaca panas yang sedang terjadi saat ini. 

"Mengingat kondisi geografis wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, merupakan daerah yang rawan terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan,"kata Sekda saat menjadi inspektur apel Gabungan Satgas Karhutla.

Meski  itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan kesiapsiagaan pencegahan lebih dini secara terpadu, dalam mengahadapi bencana Karhutla.

Sebagai langkah kongkritnya sebutnya, hal demikian sudah  dituangkan dalam bentuk regulasi, kelembagaan, program dan kegiatan, untuk menangani persoalan bencana dimaksud.

"Langkah kongkrit itu,  Pemerintah Daerah sudah membentuk Tim Teknis Daerah Penyusunan Kajian Resiko Bencana Dearah, Pelatihan Peningkatan Kapasitas Relawan Masyarakat Peduli Api, Dengan dasar Keputusan Bupati Tanah Bumbu Nomor: 188.46/332/BPBD/2019, tentang penetapan status siaga darurat bencana kabut asap, akibat kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu," "imbuhnya.

Dia menambahkan, terkait dimulai nya aksi pencegahan ini,sejatinya tim Satgas  Karhutla segera melakukan pengecekan kembali dan memastikan semua peralatan pendukung personil Satgas sudah siap siaga setiap saat.

"Langkah ini sangat penting, agar kita dapat mengambil tindakan pencegahan bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan, secara cepat dan tepat, untuk melakukan penanganan sebaik mungkin, sehingga tidak menjadi bencana Kabut Asap yang merugikan semua pihak di Daerah ni,"pungkasnya.

Disela pelaksanaan apel gabungan itu ,Kepala BPBD Kab. Tanbu Eryanto Rais menjelaskan. Penyerahan Satgas Karhutla ini akan menyebar ke 20 Desa yang rawan terhadap Karhutla.

Momentum Satgas Karhutla ini jelas Eryanto akan menjalankan tugas selama 3 bulan,
Namun sebagi rangkaian  pencegahan, turut dilakukan sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya kebakaran hutan yang pasti menimbulkan kabut asap.

"Dalam kekuatan Satgas Karhutla ini pula kekuatan yang disiapkan TNI sebayak 50 orang ,Polri 20 orang dan masyarakat 70 orang. Sedangkan Posko induknya berada di Kodim serta di Kantor BPBD,"terang Eryanto.(irfan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement