Cegah Stunting, Posyandu Harus Perduli Perkembangan Balita


BATULICIN - Posyandu memiliki peranan penting dalam memantau perkembangan bayi dan balita. Hal ini sebuah upaya strategis dalam pencegahan stunting di Kabupaten Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu H.Sudian Noor melalui Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum Drs. Muhammad Thaha menyampaikan. Dengan peran Posyandu, pertumbuhan bayi dan Balita akan lebih terpantau, dimana perkembangan bayi dan Balita dilakukan satu bulan sekali melalui pengisian kurva kartu menuju sehat (KMS).

"Asal serius kita lakukan semua akan lebih di kenali, "katanya, saat membuka acara Orientasi Penguatan Posyandu Dengan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting di Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (27/08/19).

Dijelaskannya, balita yang mengalami permasalahan pertumbuhan tersebut bisa sudah terdeteksi tentu ada langkah sedini mungkin yang harus dilakukan bersama, sehingga tidak jatuh pada permasalahan pertumbuhan kronis atau stunting.

"Keberadaan Posyandu tentunya tidak lepas dari para kadernya, mereka inilah ujung tombak dalam pelayanan kesehatan ibu dan Balita. Sebab cakupan mereka luas kerena luas kerena lebih mengenal karakter masyarakat disekitarnya, dan tak menutup kemungkinan merekalah yang pertama menemukan kasus stunting,"ungkapnya.

Dia menambahkan, perduli terhadap kasus stunting dan pencegahannya sejatinya akan mendorong tumbuh dan berkembangnya anak secara normal.

"Kedepan, anak anak di daerah ini dapat tumbuh dan berkembang ,dengan memiliki kemampuan emosional,sosial dan fisik yang siap untuk belajar, mampu berkompetisi sebagai modal dasar generasi penerus berkualitas di Tanah Bumbu,"tutupnya.(irfan)

Posting Komentar

0 Komentar