Pengembangan Pelatihan Masyarakat Produktif Kawasan Terpadu Disepakati


BATULICIN – Konseptualitas dan komitmen kegiatan  pengembangan pelatihan masyarakat produktifitas kawasan terpadu mulai disepakati  berupa penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Mou tersebut dilakukan di Hotel Eboni Kecamatan Batulicin, Senin,(05/08/19) melalui Kasubdit Pengembangan dan Penerapan Sistem Metode Produktivitas Kemnaker, Evi Jurpaidah dan Bupati Tanah Bumbu diwakili Oleh Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem.

Evi Jurpaidah mengatakan, kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu ini akan mensinergikan penyelenggaraan pelatihan di daerah dan dengan program CSR perusahaan di wilayah Tanah Bumbu.

“Kerena itu kami juga mengajak swasta/industri ikut berkontribusi dalam pengembangan SDM di Indonesia. Sebab jika hanya mengandalkan dana pemerintah saja, tidak akan berjalan optimal mengingat dana pemerintah terbatas,” kata Evi dalam sambutannya.

Menurutnya, pengembangan SDM dengan melibatkan swasta/industri dinilai wajar, karena pengembangan SDM melalui CSR atau melalui pemagangan juga bertujuan untuk kepentingan pihak swasta.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem menyambut baik dengan dilaksanakannya penandatanganan MoU kerja sama, antara Direktorat Bina Produktivitas Kementrian Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Karena menurutnya penandatangan ini sangat penting dan strategis, sebagai langkah awal untuk memulai tahapan konseptualisasi pengembangan pelatihan masyarakat produktif kawasan terpadu.

“Semoga kita mampu mengintegrasikan program kegiatan dan langkah lain yang dibutuhkan, dalam mengupayakan percepatan kemandirian masyarakat desa, sekaligus guna meningkatkan kualitas dan kuantitas di wilayah perdesaan dalam pengelolaan dan optimalisasi sumber daya alam desa,” imbuhnya.

Terutama lanjutnya, dalam menjadikan Desa Angsana, Desa Sekapuk dan Desa Purwodadi Kecamatan Angsana, sebagai role model atau percontohan keberhasilan pembangunan potensi ekonomi perdesaan dengan mengunakan metode Integrated Community Development (ICD) bagi Desa-Desa lainnya di Kabupaten Tanah Bumbu. (irfan)

Posting Komentar

0 Komentar