Proyek Jembatan Yang Gagal Akan Diganti Dengan Dana Pribadi


TULUNGAGUNG - Dana Desa yang di terima Pemerintahan Desa Talang Kecamatan Sendang, pada tahun 2016  sekitar Rp 700 juta dan tahun 2017 kurang Rp 1 miliar. Pengerjaan dua tahap, tahap pertama 2016 dan tahap kedua 2017 dan 2018 tidak ada alokasi dana kegiatan, terang Anas Rudin mengaku sebagai staf biasa DPMD ( Dinas Pendapatan Masyarakat Dan Desa ) Tulungagung yang berkantor di jalan Sultan Agung no 20 Ketanon Kecamatan Kedungwaru, pada Senin (13/8).

Menurutnya, Bangunan yang rubuh disebakan karena curahnya hujan. Dengan kerusakan bangunan kepala desa Talang, Asmungi akan memperbaikinya dengan dana pribadi, besaran dana yang di anggarkan kita tidak tahu, jelasnya. 

Menyikapi keterangan yang di sampaikan inisial K, bahwa dugaan mart up anggaran telah terjadi penyusutan volume dengan lebar dan kedalaman pondasi di tanam diluar tebing tidak menggunakan pilar dengan mengurangi ketebalan tangkis, besi dipasang di luar tangkis, besi wf, besi brc yang dikurangi, kualitas proyek menjadi tidak bermutu, yang hanya mengandalkan felling (firasat) saja, sehingga fisik bangunan kualitasnya jauh diluar ketentuan. 

Sebagian pekerja   memutuskan keluar dari proyek untuk menghindari masalah dikemudian hari, tutur K. Merespon adanya dugaan murt up yang lagi santer dibicarakan, staf DPMD tidak bersedia mengomentarinya,  memilih  menyampaikan urusannya biar ditangani insfektorat dengan menganalisa dan memutusnya, selaginya sudah ditangani oleh pihak kepolisian, DPMD sudah dimintai keterangan mengenai jembatan yang ambrol. Dana yang terserap hampir  Rp 800, bantuan bencana sekitar 2016,  kemudian  2019 jembatan ambrol infonya sudah di ajukan, ujar K.  

Asmungi yang kembali terpilih sebagai kepala desa Talang mengalahkan sekretaris desa, indro di Pilkades 2019 yang baru saja selesai di selenggarakan dihubungi nomor phonselnya  tidak aktip,  di hari yang sama Camat Sendang, Hariono nomornya tidak dapat dihubungi, sms yang terkirim sukses tidak mau menanggapi, yang mana camat mengetahui,  laporan  yang diterima setiap bulan  dari Kepala Desa Talang. (Rid/Nan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement