Cara Ini Dilakukan PMI Tanbu Guna Penuhi Stok Darah


BATULICIN - Untuk memenuhi ketersediaan darah, PMI  cabang Kabupaten Tanah Bumbu sudah menerapkan sistem jemput bola dalam pelaksanaan donor darah. Pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu sudah memberikan fasilitas berupa mobil unit transfusi darah (UTD) keliling yang selalu  siap sedia terjun ke desa desa. 

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Sekda Tanbu) H. Rooswandi Salem  sekaligus Ketua PMI cabang Tanah Bumbu saat melantik pengurus PMI Kecamatan se Kabupaten Tanah Bumbu di Aula Mahligai Bersujud ,Selasa (24/09/19) Kecamatan Simpang Empat.

Untuk menunjang lancarnya program PMI dan memaksimalkan ketersediaan darah dari para pendonor, pihaknya membuat hotline atau sambungan khusus langsung dan membuat database golongan darah yang terdata dari pendonor.

Menurut Roswandi,disaat PMI membutuhkan darah  secara mendesak, hal itu dapat dihubungkan langsung kepada pendonor yang sudah terdata, sesuai golongan darah yang diperlukan. "Secara khusus kami sangat berterimakasih kepada pihak Kepolisian ,TNI dan Pemerintah Daerah yang telah menyumbangkan data,semoga data ini akan jadi acuan di saat PMI memenuhi ketersediaan darah untuk masyarakat yang memerlukan,"ucapnya.

Hal ini  lanjutnya adalah upaya efektifitas dalam rangka penanganan terhadap kurangnya stok darah segar yang diperlukan. Dia menambahkan, tak berapa lama lagi PMI akan miliki satu gedung UTD sebagai bentuk keperdulian pemerintah daerah menunjang aksi kemanusiaan PMI untuk masyarakat.

"Saat ini sedang berproses pembangunan nya, terletak dikawasan Gunung Tinggi.Insyaallah kalau sudah selesai dipastikan gedung UTD ini akan menunjang kegiatan organisasi PMI dan UTD Tanah Bumbu ini mampu mengkaper kebutuhan darah untuk beberapa wilayah Kabupaten terdekat,"imbuh nya. (irfan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement