Siswa SMPN 4 Kota Probolinggo Sabet Juara Lomba Menghafal Biografi Bung Karno


Foto kiri : Tim juri saat menyerahkan piala pada para pemenang lomba menghafal biografi Bung Karno. Foto kanan : Eni, Guru pendamping foto bersama Afdinal Bahtiar A juara 1 dalam lomba.

PROBOLINGGO - Pengembangan wawasan anak bias diperoleh dari berbagai cara. Hal ini juga termasuk memotivasi siswa untuk respek pada sesuatu yang selama ini mulai terkikis oleh perkembangan zaman, seperti mengetahui dan mengingat para pejuang bangsa ini. 

Kenyataan tersebut yang diapresiasi oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kota Probolinggo dengan mengadakan even lomba menghafal Biografi Bung Karno, Rabu (25/9). Sebanyak 40 siswa dari jenjang pendidikan SMP baik negeri maupun swasta di kota ini bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam lomba tesebut. 

Setelah melalui penilaian yang cukup ketat dari tim juri yang salah satunya dari Cabang  Dispendik Provinsi Jawa Timur, akhirnya memutuskan Afdinal Bahtiar A, siswa SMPN 4 kota Probolinggo sebagai juara pertama dalam ajang lomba ini. 

Menurut Eni, selaku pendamping siswa dalam lomba tersebut saat diwawancarai mengungkapkan kebanggaannya atas predikat juara yang disandang anak didiknya “Kami bersyukur dan bangga atas prestasi yang diperoleh siswa ini. Disatu sisi saya juga bangga terhadap anak anak dalam kemampuan berbahasa atau menghafal biografi Bung Karno dan anak kami ini bisa menteladani Ir Sukarno sebagai pemimpin bangsa. Kami memohon doa kepada seluruh siswa, Bapak ibu guru serta seluruh warga kota Probolinggo semoga Afdinal diberikan kesehatan dan beri kesempatan mengikuti kegiatan yang sama di Karesidenan Malang.”Ujarnya.  

Sementara Kepala Sekolah SMPN 4 kota Probolinggo, Drs Yanto M.Pd saat dimintai tanggapan atas prestasi yang disandang oleh siswa lembaga pendidikan ini mengatakan “Merupakan hal yang patut menjadi kebanggaan kami atas diraihnya juara pertama dalam lomba tersebut, karena jarang bagi seorang anak menghafal biografi Bung Karno dalam waktu tidak lebih dari dua bulan yang dicanangkan oleh Dispendik Pemuda dan Olahraga. Semoga dengan prestasi ini bias ditiru dengan teman teman lainnya, sehingga nanti kedepan bisa menginspirasi bagi anak-anak lain bahwa semua bisa dilakukan asal ada kemauan.”ungkap KS SMP 4 ini.

Ungkapan senang dan bangga juga diungkapkan oleh Afdinal Bahtiar A “Saya sangat senang atas diraihnya juara satu dalam lomba ini dan selanjutnya mewakili SMP 4 ke jejnag yang lebih tinggi lagi.”Ujarnya.

Dilihat dari perkembangan lembaga pendidikan dasar yang ada di kota Probolinggo, SMP Negeri 4 boleh dikatakan menjadi sekolah yang sarat dengan kemajuan baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Sekolah ini bisa bersaing dalam prestasi yang patut diapresiasi oleh semua pihak. Terbukti siswa sekolah ini mampu menunjukkan kemampuannya mengangkat nama baik SMP 4 baik dikancah lokal maupun regional. Sebut saja dalam ajang lomba Saint, dimana siswa sekolah ini dapat memberi kontribusi positif. Belum lagi keikutsertaan siswa sekolah ini dalamberbagai ajang lomba olahraga yang tidak sedikit menyumbangkan medali dan menjadi hal yang membanggakan bagi lembaga pendidikan tersebut.

“Prestasi yang diperoleh siswa ini merupakan buah dari kerja keras, semangat dan disiplin yang diterapkan dan dijalankan oleh siswa, sehingga harapan yang didambakan dapat terwujud dengan diperolehnya gelar juara diberbagai bidang baik akademik maupun non akademik.”ungkap Yanto yang juga mengaku selalu melakukan koordinasi dengan dewan guru dalam mengevaluasi perkembangan pembelajaran di sekolah yang dipimpinnya. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement