Ada Apa? Ratusan Mahasiswa UIN Banjarmasin Penuhi Halaman Kantor Bupati


BATULICIN - Maraknya demo mahasiswa dari berbagai daerah saat ini tiada lain ingin mengungkapkan berbagai tuntutan terhadap Pemerintah. Hal demikian tak seperti yang dilakukan 500 Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Banjarmasin.

Ternyata mulai 2 Oktober hingga 2 Desember mendatang para Mahasiswa UIN Banjarmasin ini sedang melaksanakan  praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN)  pada  10 Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sebagai tanda mulainya melaksanakan KKN ,para insan akademik ini berkumpul di halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Rabu (2/10/19).Seraya disambut Sekretaris Daerah Tanbu H. Rooswandi bersama Jajarannya. 

"Kalau di Jakarta saat ini Mahasiswa sedang melakukan demo besar besaran, namun saat ini Mahasiswa UIN Banjarmasin justru melakukan tindakan positif demi pengabdian terhadap masyarakat sebagaimana yang sudah termuat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, "kata Sekda saat memberikan sambutan dalam penyambutan Mahasiswa KKN UIN Banjarmasin.

Saat menerima Mahasiswa KKN, Rooswandi mengungkapkan,Kabupaten Tanah Bumbu merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Kotabaru yang saat ini sudah berusia 16 tahun.

Terangnya, perlu ketahui, bahwa Tanah Bumbu terdiri berbagai suku yang menempati wilayah ini.Dengan berbeda nya suku ini maka masing masing membawa kebudayaan yang berbeda.

"Justru karena itu diharapkan para mahasiswa nanti mampu bersosialisasi dengam masyarakat yang memiliki latar kesukuan yang berbeda beda,"pintanya. 

Dia menambahkan, Desa merupakan pemerintahan terdepan dalam melayani masyarakat, disadari dengan kondisi yang ada masih terdapat pelayanan yang belum maksimal.

"Karena itu kehadirian mahasiswa ini diharapkan dapat membantu pemdes melalui ide,gagasan dan inovasi untuk peningkatakan pelayanan masyarakat didesa,”papar Sekda

KKN mahasiswa UIN kali ini sambungnya adalah yang kedua kali, namun pemerintah daerah terus melakukan evaluasi dari kegiatan program KKN tersebut.

”Jika kegiatan KKN ini mampu memberikan kontribusi positif bagi daerah tentu kegitan ini akan menjadi program prioritas bagi daerah,”tutupnya. 

Sebelumnya Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Banjarmasin, Dr Hj Nida Mufidah, M Pd. menyampaikan. Kepada seluruh mahasiswa agar selalu berkoordinasi baik dengan Dinas, Camat maupun pemerintahan desa setempat selama melaksanakan praktek KKN di Tanah Bumbu.

Hal terpenting dari itu lanjutnya, Mahasiswa terus melakukan interaksi  secara baik dengan masyarakat diposisi penugasan manapun.

"Saya mengharapkan disaat terjun ke masyarakat, lakukan interaksi dengan masyarakat secara baik, disamping itu mampu memecahkan persoalan yang ada ditengah masyarkat, terutama dalam transformasi sosial dan menjadi mitra kerja pemerintahan desa,”jelasnya usai serah terima Mahasiswa KKN dengan Sekda Tanbu. 

Melalui bentuk pengabdian itu tandas Wakil Rektor III. KKN merupakan komitmen dari perguruan tinggi di Indonesia,tak sekedar memiliki kemampuan akdemisi namun juga peduli dengan kondisi masyarakat.

“Ini merupakan bagian dari pembelajaran para mahasiswa. Kami berterimakasih kepada Kabupaten Tanah Bumbu yang bersedia menerima mahasiswa UIN untuk KKN di daerah ini,”pungkasnya. 

Sementara itu, para mahasiswa ini akan diterjunkan di 71 desa pada 10 kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam KKN selama dua bulan tersebut, mahasiswa UIN bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kecamatan dan Desa untuk melaksanakan KKN di bidang kesehatan, pendidikan dan agama. (irfan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement