SMPN 7 Kota Probolinggo Tampil Atraktif Dalam Even SPKP ke 3 Tahun 2019

PROBOLINGGO - Momentum Semarak Pagi Kecamatan Probolinggo (SPKP) yang menjadi agenda rutin bagi Pemerintah kota Probolinggo dalam pelaksanaannya seolah tak pernah surut dengan inovasi dan pemikiran pemikiran brillian dari pemangku kepentingan di ajang tersebut.
Hal ini bisa disaksikan dalam setiap tampilan SPKP yang selalu ditemukan ide kreatif dari para peserta yang memeriahkan acara ini. Salah satunya yang ditunjukkan oleh unsur pendidikan, dimana dalam setiap gelaran yang sama, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) selalu menggandeng lembaga pendidikan untuk mengisi di stan instansi  tersebut.

Seperti yang nampak dalam SPKP ke 3 tahun 2019 yang berlangsung disepanjang Jalan Panglima Sudirman, Minggu (20/10) kemarin. Adalah SMP Negeri 7 kota Probolinggo yang dalam even tersebut mampu memberi nuansa lain dengan menunjukkan kemampuan siswa sekolah ini terkait pola pikir dan wawasan seputar ilmu kejurnalistikan. 

Kenyataan ini terbukti saat Walikota Habib Hadi Zainal Abidin, Wawali beserta rombongan pejabat dilingkup Pemkot Probolinggo berkesempatan mengunjungi stan Disdikpora di ajang SPKP tersebut. Hal menarik ketika Walikota berdialog terkait pemberitaan dan informasi Hoax yang saat ini menjadi tranding topic dikalangan Masyarakat dengan siswa SMN 7. Dengan lugasnya, para siswa menjawab pertanyaan Walikota  bahwa informasi yang cenderung bertendensi tidak akurat ini hendaknya bisa disaring agar tidak menimbulkan polemik dimasyarakat yang justru akan menciptakan suasana tidak kondusif.

Atas jawaban dari siswa ini, apresiasi ditunjukkan oleh orang nomor satu dikota Probolinggo “Pengetahuan dan wawasan seperti yang seharusnya diterapkan sejak dini terlebih ada pemberian pemahaman pada siswa tingkat dasar, sehingga mereka dapat menyaring mana informasi yang cenderung berkesan Hoax dan mana pemberitaan yang akurat.”Ujar Walikota.

Sementara Sudarmanto S.Pd, M.Pd selaku Kepala sekolah SMPN 7 kota Probolinggo saat diwawancarai terkait keikutsertaannya dalam ajang SPKP ini mengatakan  bahwa lembaganya sangat respek terhadap kegaiatan yang diadakan Pemda dan pihaknya selalu siap turun dengan segala potensi yang dimiliki lembaganya. Disinggung kemampuan siswa dalam ilmu kejurnalistikan, Sudarmanto mengaku bahwa secara periodic siswa sekolah ini diibatkan dalam diklat jurnalistik “Hal ini dilakukan agar wawasan para siswa dapat bertambah utamanya menyangkut informasi publik.”ujarnya.

Lebih lanjut KS SMP 7 ini menambahkan dengan melibatkan para siswa dalam mengembangkan ilmu jurnalistik akan dapat menyaring berita yang bersifat yang bersifat positif “Dengan pengetahuan tentang kejurnalistikan ini, setidaknya para siswa dapat menyaring berita atau informasi yang positif serta membangun. Selain itu tidak mudah percaya terhadap pemberitaan bohongbaik yang bersifat online mataupun offline.”tambanya.

Dilihat dari perkembangan pembelajaran di sekolah tersebut, SMP Negeri 7 kota Probolinggo merupakan satu dari sederet sekolah yang patut diperhitungkan.  Sejumlah prestasi berhasil ditorehkan baik oleh lembaga secara umum maupun oleh siswanya. Sebut saja predikat lembaga pendidikan ini sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri sejak beberapa tahun lalu. kemudian predikat sebagai Sekolah inspirasi dalam gerakan Literasi sekolah dan sebagai Sekolah Rujukan Nasional.  Belum lagi sejumlah prestasi dibidang sain, olah raga dan seni yang pada setiap even ditorehkan oleh siswa sekolah tersebut.

Kepala Disdikpora kota Probolinggo Drs HM Maskur M.Pd saat dimintai komentar terkait kegiatan SPKP yang melibatkan SMP7 dalam memeriahkannya  mengatakan “Kami berupaya agar dalam setiap gelaran SPKP  dapat merunkan semua potensi yang ada disetiap lembaga pendidikan, termasuk SMP7 ini. Mudah-mudahan akan dapat memberi manfaat bagi Masyarakat.”Ujarnya. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement