Tidak Perlu di Kuwatirkan, DLH: Pengamanan SPBU BP AKR Sangat Bagus





Surabaya- Pasca sidak DPRD Kota Surabaya, beberapa waktu yang lalu di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( SPBU) BP AKR di Jalan Pemuda Surabaya.

Yang dinilai sangat membahayakan dan menuai kemacetan jalan tengah kota, akhirnya Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) menjawab  apa yang di kuwatirkan oleh DPRD Kota Surabaya, tepatnya Komisi A yang  membidangi pemerintahan ini.

Bahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengatakan bahwa, peruntukan perizinan SPBU di Jalan Pemuda sudah prosedural.

"Semua perizinan berasal dari rencana kota termasuk izin lingkungan dan yang paling penting adalah perencanaan kotanya, tidak boleh melanggar dari tata ruang," Papar Kabid Perizinan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Ali Murtadlo. Rabu ( 9/ 10 / 2019)

Menurut Ali,  wilayah tempat dibangunnya SPBU BP-AKR tersebut peruntukannya adalah perdagangan dan jasa (Perjas), sehingga bisa dibuat pom bensin. 

Selama keamanan sesuai,  tentunya tidak akan menjadi masalah. Apalagi produk SPBU BP-AKR dari luar sehingga dipastikan tingkat keamanannya lebih bagus.

"Ketika dibuat pom bensin keamanan dipertanyakan semuanya, maka tidak ada satupun AKR yang baru di Surabaya. Tapi ini sudah ada beberapa kawasan di Surabaya, termasuk di kawasan Kertajaya Indah, Gubeng, Pemuda dan Darmo Permai," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah konsultasi dengan tenaga ahli terkait hal tersebut. Hasilnya pengamanan cukup bagus sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

"Semua ada risiko, SOP juga ada dan penataan bangunan. Jadi penataan bangunan direncana kota sudah diatur mengenai garis sempadan. Jarak aman dan yang harus diperhatiankan antara bangunan akhir, sama dengan bangunan perbatasan pagar itu berapa meter dan belakang berapa meter semua ada dan SOP keamanan semua ada," jelasnya.

Sedangkan,  Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan, soal analisis dampak lingkungan (Amdal) lalu lintas, sudah ada kajiannya dengan kepolisian dan tim Amdal lalu lintas.

"Selama ini tidak ada SPBU yang menyebabkan kemacetan di Surabaya," paparnya. ( Ham)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement