Ungkapkan Rasa Syukur, Pemdes Dandang Gelar Selamatan Desa


Saat Kades Dandang, Supriyantik di dampingi suami memberikan pengarahan kepada warganya.

PROBOLINGGO - Perwujudan desa yang cenderung aman terkendali selama setahun kebelakang, menjadi satu berkah bagi Masyarakat yang mendiaminya. Kondisi wilayah yang dipenuhi keberkahan dari Yang Maha Kuasa ini diungkapkan Pemerintah Desa Dandang Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo mengadakan ritual selamatan desa. Agenda yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini, diisi dengan sejumlah kegiatan yang pada intinya mengharap keberkahan untuk desa dan masyarakat setempat,Minggu (13/10).

Terkait kegiatan tersebut, Kepala Desa (Kades) Dandang, Supriyantik saat didimiantai komentar menjelaskan bahwa kegiatan desa ini sebagai ungkapan syukur atas berkah keamanan dan ketentraman yang selama ini dirasakan oleh masyarakat desanya, termasuk ditahun yang akan datang kondisi tersebut akan tetap diterima. “Prosesi selamatan desa ini  merupakan satu bentuk ungkapan rasa syukur kami atas semua keberkahan yang dirasakan oleh masyarakat desa ini, diantaranya adanya rasa aman dan tentram.”Ujar Kades yang selalu menyempatkan diri berbaur dengan Masyarakat diwilayahnya ini.

Lebih jauh Supriyantik menambahkan bahwa ritual selamatan desa ini sebagai upaya berdoa maghfirullah pada Allah SWT yang ditujukan untuk para leluhur atau sesepuh desa yang telah meninggal.  “Agenda rutin setiap tahun ini selain mengungkapkan rasa syukur, juga menjadi ajang silaturahmi antar warga dan pemangku Pemerintah desa Dandang. Dan hal inisalah satu yang sangat penting untuk menjaga tali kekerabatan di desa ini harapan akan tercipta satu kondisi desa yang tenteram dan aman.”tambah Kades perempuan tersebut.

Dalam agenda selamatan desa yang dilaksanakan dirumah Kepala Desa tersebut, nampak hadir Camat Gading, Ahmad Taufiq, Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Probolinggo serta warga dari 4 dusun yakni dusun Krajan 1,2,3 dan Dusun Gentengan. Adapun selain dilaksanakan ritual keagamaan, pemdes setempat juga menggelar kegiatan sepeda santai (Fun Bike) serta hiburan orkes.

Ditempat berbeda, Drs Samsul Huda Plt Kadis PMD Kabupaten Probolinggo yang dimintai komentar terkait kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan selamatan desa merupakan tradisi yang senantiasa melekat pada masyarakat utamanya masyarakat pedesaan. “Diharapkan dengan adanya ritual selamatan desa ini, akan dapat mewujudkan harapan warga desa terkait berbagai hal menyangkut hal positif didesa ini, termasuk segi keamanan dan kesejahteraan warganya.”Ujarnya.  (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar