Bupati : Cegah Stating Dimulai Peningkatan Kualitas Hidup


BATULICIN - Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor menyampaikan, pencegahan stunting berkaitan erat dengan peningkatan kualitas SDM.Namun sejatinya harus dimulai dari peningkatan kualitas hidup. 

"Tolak ukurnya termasuk dalam 3 komponen seperti pola asuh, pola makan serta sanitasi air bersih,"kata Bupati melalui Kepala Bappeda Tanah Bumbu Ir. Rahmadi saat menggelar acara  kegiatan Orientasi Intervensi Promosi Kesehatan dalam rangka Pencegahan Stunting melalui pendidikan Gizi Bagi Ibu Hamil, Ibu menyusui dan Ibu Balita di Kabupaten Tanah Bumbu.Kamis (21/11/19).di Aula Bappeda. 

Menurutnya, 3 komponen pada pola ini dianggap penting sebab akan berpengaruh pada pertumbuhan masa depan anak, hal demikian berarti pada pase pertumbuhan dimulai dengan pola yang lebih sehat. 

"Hal ini sangat penting dan strategis sebagai upaya kita bersama dalam Percepatan Pencegahan Stunting, dalam rangka meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu, "kata Kepala Bappeda saat membacakan sambutan Bupati.

Demikian itu, Bupati berharap komitmen  semua, terkhusus kepada para peserta orientasi, untuk mampu mengintegrasikan program kegiatan dan langkah lain yang dibutuhkan, dalam pencegahan  penanggulangan stunting.

"Kedepan  kita  harus mampu mewujudkan masyarakat Bumi Bersujud yang sehat, cerdas, dan kreatif, sehingga kita bisa bersama-sama bersatu, membangun daerah yang unggul mengatasi  berbagai persoalan kesehatan daerahnya kita sendiri, "tuturnya.

Ketua Komite Perencanaan Daerah H. Ardiansyah mengungkapkan.pencegahan dan penanganan stunting sejatinya di butuhkan komitmen semua pihak. "Komitmen itu merupakan langkah awal bersama antar lintas terkait, ini berarti semua saling sinergi demi melakukan aksi pencegahan sejak dini, "ucapnya. 

Sementara itu, kegiatan merupakan bentuk kerjasama Bappeda Kabupaten Tanah Bumbu bersama Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Fakultas Kedokteran Program Study Kesehatan Masyarakat. Kegiatan mengahadirkan, perwakilan SKPD terkait, serta sejumlah Kepala Desa. (fan)

Posting Komentar

0 Komentar