Desa Sumberagung Banyuwangi Maju Kompetisi Inovasi Desa Prov Jatim


BANYUWANGI - Untuk memaksimalkan pembangunan desa diperlukan trobosan berupa inovasi, dan untuk merangsang/memotivasi inovasi diperlukan kompetisi. Untuk itu Pemerintah Provensi Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provensi Jawa Timur pada hari Kamis (14/11) mengadakan Verifikasi lapangan Kompetisi Inovasi Desa (SINODES) Desa Sumberagung kecamatan Pesanggaran Banyuwangi yang maju mewakili kabupaten Banyuwangi masuk 10 besar Tingkat Prov Jawa Timur. 

Hadir dalam Verifikasi Lapangan Kompetisi Inovasi Desa Kepala DPMD Banyuwangi yang diwakili Kasi Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Desa DPMD Banyuwangi Achmad Shuri,SH. sebab Kepala DPMD sedang tugas luar kota. BPBD Banyuwangi. Forpimka Pesanggaran. Para kepala desa se-kecamatan Pesanggaran. Para perangkat desa. Para Relawan DESTANA. Kepala SKPD se-kecamatan Pesanggaran. 

Vivi Agustin kepala desa Sumberagung mengucapkan selamat datang kepada Tim Juri Verifikasi Lapangan Kompetisi Inovasi Desa Prov Jawa Timur yang terdiri 4 orang yang dipimpin oleh Agus Subiantoro, SH.  

Desa Sumberagung terdiri 4 dusun yang rawan bencana yaitu dusun Pancer. Baru menjadi kepala desa 2 hari huja lebat, sehingga banjir luar biasa, jembatan sebanyak 4 putus, sehingga anak sekolah/aktivitas  harus berjalan. Program utama pemerintah desa normalisasi sungai yang dibantu alat berat dari PT. BSI penambang emas. Desa Sumberagung multi Agama dan semua rukun/guyup. PT. BSI telah memberikan CSR sebanyak Rp 3,2 ratus juta untuk renovasi pendopo desa. Katanya

Achmad Shuri, SH Kasi Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Desa DPMD Banyuwangi  memohon maaf sebab Kepala DPMD tidak bisa hadir, sebab ada tugas diluar kota. Tim inovasi /pendamping desa kabupaten,mengusulkan inovasi desa DESTANA i(Desa Tanggap Bencana) ni,diusulkan ke Provinsi melalui ferivikasi/evaloasi , jadi sudah keliling ke beberapa kecamatan/desa, dan kami memutuskan di wilayah kecamatan Pesanggaran desa Sumberagung melalui Desa Tangguh Bencana.beserta Gula Semut .sebagai inovasi di tingkat Provinsi.

Untuk Desa Tngguh Bencana lolos admiinitrasi dan masuk 10 besar Prov Jawa Timur. Sehingga Tim Juri dari Provinsi hadir di desa Sumberagung untuk Tinjau Lapang.atau melihat secara langsung kondisi dilapangan.. dengan harapan setelah penilian nanti bisa mencapai nilai tertinggi. Katanya

Ketua Tim Juri Provinsi Jawa Timur Agus Subiantoro, SH , perlu disampaikan bahwa untuk  memaksimalkan pembangunan desa itu perlu ada trobosan/inovasi, sedangkan untuk merangsang inovasi Pemerintah Provinsi mengadakan lomba/kompetisi inovasi.

Dari kompeitisi inovasi desa tingkat Provinsi Jawa Timur, ada 44 inovasi yang sudah di lihat dan di seleksi di tingkat Provinsi,sehingga tinggal 10 inovasi terbaik salah satunya adalah inovasi di desa Sumberagung kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi.

Terkait adanya laporang yang sudah teliti, maka kita sebagai Tim Juri memerlukan mengecek kebenaran laporan yang sudah kita teliti diteruskan di lapangan, atau tinjau lapang. Dan kami membwah 4 anggota tim juri. Yaitu Agus Subiantoro ketua tim dari DPMD Prov Jatim.Macfud. fahfron Aji dan Arief. Kita menilai di inovasinya dari Tanggap daruratnya. Kalau tanggap daruratnya sudah juara 1 Provinsi Jawa Timur tahun 2014 lalu. Katanya.

Ir.Sugio Darmawan camat Pesanggaran menjelaskan bahwa kecamatan Pesanggaran ada 5 desa yaitu desa Pesanggaran. Desa Sumbermulyo. Desa Kandangan. Desa Sarongan dan desa Sumberagung. Wilayah kecamatan Pesanggaran banyak destinasi wisata juga rawan bencana.

Desa yang rawan banjir yaitu desa Pesanggaran. Desa Sarongan desa Kandangan.. DESANA seperti desa Sumberagung merupakan desa yang  mempunyai kemampuan mandiri untuk beradaptasi, menghadapi ancaman bencana,dan segera memulihkan dengan segera. Kita berharap samoga bencana itu tidak ada. Katanya.

Untuk mengetahui Inovasinya ,dan tinjau lapang, maka Tim Juri mengadakan tanya jawab kepada masyarakat, maupun kepada tim DESANA desa  Sumberagung (jok/adv online)

Posting Komentar

0 Komentar