Sekda Ingatkan Camat Agar Tingkatkan Pelayanan


BATULICIN - Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H.Rooswandi Salem mengatakan. Saat ini kondisi masyarakat  di Kabupaten Tanah Bumbu, menghendaki suatu penyelenggaraan pemerintah yang bersih dan berwibawa serta berwawasan pelayanan kepada masyarakat.

Kerena itu, aparat Pemerintah Daerah khususnya aparat  Kecamatan sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat, dituntut untuk dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

"Untuk itu, saya berharap, para Camat yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan prima terhadap publik, dan memiliki etos kerja berkualitas tinggi, serta menjadi teladan atau panutan bagi wilayah kerjanya,"ungkapnya saat membuka Rapat Koordinasi Kecamatan di ruang rapat Bersujud 1 ,Selasa (11/11/19). 

Menurutnya hal ini penting, sebagai upaya bersama dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, serta mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.

Terkait pengawasan dana desa, Camat menjadi bagian  dalam pengawasan itu. Sehingga desa yang menjadi binaan di Kecamatan bisa berjalan optimal. 

Semua harus sepakat bahwa Dana desa itu adalah dana untuk kebutuhan masyarakat. Namun sejatinya Pemerintah Daerah yang harus mengawal dana desa ini agar sesuai penyalurannya dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Itu adalah tugas kita untuk mengawal dana desa yang sudah diberikan pemerintah pusat,tentunya untuk mengawal sampai pada  pemanfaatan harus  sesuai dengan tujuan dibentuknya dana desa."katanya.

Sebutnya, pengawasan lebih optimal harus dilakukan ,apakah dana yang tersalurkan memberi dampak positif. Dengan artian pengawasan itu harus lebih optimal dilakukan.

"Apakah sudah tersalurkan dengan baik dan apakah ada nilai positif yang didapatkan didalam desa tersebut.misalnya peningkatan perekonomian ,kesejahteraan bagi masyarakat  Dan kita tidak menilai secara administratif,  bahwa   laporan dana pengeluaran nya sesuai dengan penyerapan kata habis,"ujarnya. 

Meski demikian tambah dia, hal   ini merupakan dana stimulan yang diberikan pemerintah pusat untuk bisa meningkatkan kualitas kehidupan  masyarakat di desa

Lebih idealnya ungkap Rooswandi,  pada saat 1 desa mendapat dana tersebut dipastikan tingkat perekonomian nya meningkat  serta lapangan pekerjaan pasti akan lebih banyak dari sebelumnya.

"Ini harua menjadi tugas kita terutama para Camat dan aparatur nya yang memberikan  rekomendasi terhadap peraturan atas sebuah program kegiatan yang di usulkan oleh desa . Kita harus benar benar jeli mengevaluasi nya,termasuk juga pengawasan dari Dinas yang menangani Desa itu sendiri, "pungkasnya. (fan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement