Menggali Potensi Atlit Berprestasi Melalui Kejuaraan Catur Pelajar Walikota CUP Tahun 2019

Walikota Habib Hadi Zainal Abidin saat membuka kegiatan turnamen catur antar pelajar tanun 2019.

PROBOLINGGO - Sebagai wujud mencari potensi olahragawan yang mempunyai talenta utamanya dalam olah raga Catur, maka Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga melalui Percasi kota Probolinggo menggelar even Kejuaraan catur antar pelajar “Walikota Cup” tahun 2019, yang diikuti oleh 144 peserta dari jenjang pendidikan SD, SMP/MTs, SMA/SMK dan MA dan  diselenggarakan hari Rabu dan Kamis (18-19 Desember 2019).

Acara pembukaan kejuaraan Catur Pelajar Walikota Cup yang dilangsungkan di aula Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan kota Probolinggo ini dihadiri, Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Kadisdikpora HM Maskur, Camat Mayangan M.Abas selaku ketua Percasi kota Probolinggo.

Muhammad Abas S.Sos, M.Si Ketua Percasi kota Probolinggo dalam sambutan sekaligus laporannya mengatakan kegiatan ini terselenggaran dalam rangka mencari bibit potensial yang dimiliki siswa utamanya dalam bidang catur “Potensi olahraga catur merupakan hal yang patut adiapresiasi keberadaannya. 

Alhamdulillah atlit catur kota Probolinggo selama ini telah menunjukkan prestasinya termasuk dalam ajang lomba tingkat nasional yang berlangsung dikota Ambon, atlit kita membawa pulang medali Emas. Hal yang patut menjadi kebanggaan kita semua, karena atlit catur kita juga mendulang prestasi di even even lainnya baik tingkat kota maupun provinsi bahkan ada wacana akan direkrut guna mengikuti ajang PON tahun depan.”Ujarnya.

Lebih lanjut M Abas menambahkan jika potensi yang dimiliki para siswa ini dikembangkan secara terus menerus, pihaknya berkeyakinan akan tercipta atlit catur yang cukup disegani terlebih pada tingkat nasional.

Sementara Walikota Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan selain menprioritaskan faktor pendidikan pada pelajar, juga harus diikuti faktor lain yang menjadi kegemaran siswa termasuk didalamnya menggeluti olahraga “Catur merupakan olahraga yang selain membutuhkan fisik, juga hampir kegiatan olahraga ini memerlukan otak sebagai memicu permainan. 

Untuk itu, catur merupakan olahraga potensial untuk mengembangkan kerja otak dan terbukti sudah banyak atlit catur dari kalangan pelajar di kota Probolinggo ini mampu menunjukkan prestasinya. Diharapkan dengan adanya even Kejuaraan Catur ini, akan memotivasi para atlit untuk terus mengembangkan potensinya dalam bermain catur.”Ujar Walikota.

Ditempat yang sama, M Abas mengharap momen kejuaran catur yang diikuti oleh para pelajar ini, akan terus dapat dilangsungkan setiap tahun. “Mudah-mudahan lomba catur antar oppelajar ini akan terus berkesinambungan.”Ujarnya. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement