SMPN 5 Kembangkan Adiwiyata Melalui Diklat Kader Lingkungan dan Gelar Sejumlah Kegiatan


SMPN 5 Kembangkan Adiwiyata Melalui Diklat Kader Lingkungan  dan Sejumlah Kegiatan.

PROBOLINGGO - Guna memberi dan menambah wawasan pada siswa terkait kepeulian terhadap lingkungan, maka Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 kota Probolinggo melalui Pembina adiwiyata yang ada di lembaga pendidikan tersebut secacara berkesinambungan mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan hal tersebut. 

Seperti yang terpantau saat sejumlah siswa SMPN 5 ini mengikuti kegiatan Pendidikan dan pelatihan 9Diklat) Kader Lingkungan yang bertujuan memotivasi siswa untuk terus peduli terhadap lingkungan. 

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Maida, guru Pembina Lingkungan SMP 5 kota Probolinggo ketika ditemuimenjelaskan bahwa terkait kepedulian terhadap lingkungan, sampai saat ini lembaga pendidikannya intens melakukan kegiatan diantaranya pada hari Sabtu yakni SSB (Sabtu, Sehat, Bersih), kemdian membaca Al qur’an setiap selesai sholat berjamaah, ada juga Lomba kebersihan kelas dengan tujuan meningkatkan kesadaran siswa untuk peduli kebersihan yang ujungnya mengarah pada lingkungan yang sehat, kemudian kegiatan pengolahan sampah berupa komposting yakni mengolah dedaunan yang ada disekitar sekolah untuk dijadikan pupuk. “Kegiatan lain terkait kader lingkungan ini yakni puncaknya diadakan Diklat yang dilaksanakan di Bremi yang di isi dengan kegiatan reformasi pengurus, kader lingkungan, materi yang disampaikan ke anak didik serta outbond.”Ujarnya.

Sementara Zubaidah, Kepala Sekolah SMP Negeri 5 kota Probolinggo saat diwawancarai mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kader Lingkungan “Kita melatih bahwa dalam kehiduan banyak hal hal yang berhubungan dengan sampah, bagaimana meminimalisir sampah yang ada disekitar lingkungan kita untuk difungsikan menjadi berguna. Kemudian yang kedua melatih siswa untuk berdikari, berkreasi dengan sampah yang ada disekitarnya. Lalu kami sengaja melibatkan semua siswa dengan harapan jika mereka berada dilingkungan Masyarakat, bisa menjadi panutan dan betul betul mandiri, tidak egois dan bisa berfikir kritis dan bisa berkomunikasi dengan baik dengan Masyarakat.”Ujarnya.

Lebih lanjut KS SMPN 5 ini ini mengharapkan dukungan orang tua bagi putra putrinya agar memberikan ijin ketika anaknya mengikuti kegiatan diklat atau apapun yang berhubungan dengan lingkungan. 

Dilihat dari perkembangan yang ada disekolah tersebut, sudah selayaknya apa yang menjadi inovasi dari pengurus lembaga pendidikan ini mendapat apresiasi dari semua pihak. Mendidik anak diluar jalur akademik merupakan hal yang selayaknya jugamenjadi agenda rutin bagi sebuah lembaga pendidikan. 

Hal ini merupakan satu langkah menananmkan pada siswa untuk responsive terhadap lingkungan, sehingga apabila telah berada dilingkungan Masyarakat, mereka dapat mengembangkan dan memotivasi pihak lain untuk peduli terhadap lingkungan. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar