SMPN 9 Kota Probolinggo Apresiasikan Ultah Sekolah ke 26 Dengan Menggelar Kegiatan Seni Budaya


PROBOLINGGO - Sebagai wujud pengembangan kreatifitas siswa yang berada di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 kota Probolinggo, maka dalam rangka memperingati Ulang Tahun lembaga pendidikan ini yang ke 26 pengelola sekolah ini mengapresiasikannya dalam berbagai kegiatan utamanya seni dan Budaya.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari ini dimulai hari Rabu tanggal 12 Pebruari 2020 dan buka oleh Sardi, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan kota Probolinggo didampingi oleh para pengawas SMP kota Probolinggo yang hadir saat itu. Pada hari Rabu tersebut, sejumlah siswa menunjukkan kreatifitasnya  dalam pentas seni bagi semua siswa kelas 9. Kemudian Kamis (13/2), kegiatan dilanjutkan dengan pagelaran pentas wayang kulit dan penarinya  dimainkan oleh para guru sekolah ini.

Sebelum dilaksanakan pentas wayang kulit, terlebih dahulu dilakukan pemotongan tumpeng dari masing-masing kelas. Menariknya gelaran Wayang kulit yang berdurasi 3 jam ini dimainkan oleh dalang yang merupakan siswa dari SMPN 9 ini bernama Raihan. 

Menurut Aris Tantomas U.P S.Pd, M.M selaku Kepala sekolah SMPN 9 kota Probolinggo saat diwawancarai mengatakan bahwa dalam memperingati Ulang tahun sekolah ke 26 ini, pihaknya berupaya menampilkan kreatifitas siswa terutama Seni dan Budaya, termasuk menampilkan dalang yang berasal dari siswa lembaga pendidikan tersebut.

Aris berharap nilai kreatifitas siswa ini dapat terus dikembangkan kearah yang lebih baik. “Kompetensi yang dikembangkan melalui seni dan budaya kelas 9, kita fasilitasi anak-anak untuk mengembangkan yang salah satunya dengan mengadakan pentas seni. Selain itu kami juga berupaya menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Bantuan dari Diknas juga kami rasakan demi mendukung pengembangan kreatifitas dalam bidang seni, karena SMPN 9 yang diunggulkan yakni seni, musik tradisional.”Ujarnya.

Lebih lanjut menambahkan bahwa butuh unjuk kebolehan dan sekolah membutuhkan adanya branding yang perlu diketahui oleh Masyarakat kota Probolinggo. Kegiatan Ultah sekolah dihari ke 3, Jumat (14/2) digelar even Jalan Santai yang mengambil garis start di depan sekolah di Jalan HOS Cokroaminoto, kemudian jalan Pahlawan, Jalan Juanda dan kembali ke Jalan Cokroaminoto.  Lebih menarik disepanjang jalan yang dilalui Jalan Santai ini, para siswa memberikan produk unggulan SMPN 9 berupa Jahe instan pada Masyarakat disepanjang jalan.  Selanjutnya disela-selan kegiatan pentas seni, para guru memberikan doorprice yang diperoleh dari beberapa sponsor berupa barang-barang untuk diberikan pada siswa.

Sepanjang berlangsungnya kegiatan selam tiga hari ini, hampir tidak menemukan kendala yangberarti. Boleh dikatakan selama gelaran seni dan budaya dalam rangka Ultah ke 26 SMP 9 ini berjalan sukse. “Suksenya kegiatan ini didukung oleh kekompakan dan sling koordinasi yang cukup baik baik antar guru maupun dengan siswa yang menjadi panitia dalam kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan semacam ini akan terus dapat dilangsungkan setiap tahun karena terbukti kegiatan yang dilangsungkan oleh sekolah ini mendapat animo yang cukup baik dari Masyarakat.”pungkas Aris Tantomas U.P, Kepala SMP 9 kota Probolinggo. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar