Pembelajaran Kemandirian Anak Bangsa Menghadapi Virus Corona


MADIUN - Banyak  pembelajaran kemandirian yang akhirnya terbangun dari sebuah peristiwa atau bencana. Ada yang akhirnya muncul dan tercipta, mulai dari cara berpikir , memunculkan kreatifitas atau inovasi dan bertindak atau melakukan sesuatu. Merebaknya penyebaran Virus Corona atau Covid 19 yang telah menjadi pandemi secara nasional dan dunia sekarang ini, banyak hal yang muncul dan terbangun. Pentingnya sebuah Kebersamaan , persatuan atau gotong royong dan kepedulian kepada sesama seluruh komponen anak bangsa saat ini , adalah potret sesungguhnya dari karakteristik dan kultur budaya bangsa Indonesia sejak dulu . Merebaknya wabah virus Corona di Indonesia saat ini, mungkin adalah “ Moment “ kembali bangkitnya  karakteristik dan Kultur budaya bangsa Indonesia yang asli yakni Persatuan , Kebersamaan , Gotong royong dan Kepedulian terhadap sesama . Tidak lagi menunggu dan berharap bantuan atau tindakan dari Pemerintah , secara swadaya dan mandiri , warga masyarakat sudah terpanggil untuk berbuat sesuatu untuk kepentingan bersama.

Salah satu contohnya adalah kegiatan yang dilakukan oleh para Pemuda yang diwadahi oleh Karang Taruna RT 36 Dusun Sidorejo ,Desa Dolopo Kabupaten Madiun ini. Ditengah tengah merebaknya Covid 19 saat ini , mereka tanggap , sigap dan terpanggil untuk ikut berupaya melakukan antisipasi melakukan pencegahan potensi tertularnya Virus Corona ditengah tengah warga masyarakat. Ketua Karang Taruna Yangyang Kartina Ciptaning yang dimotivasi dan disupport oleh Ketua RT Sujarno selaku Pembina dan seorang Advocat atau Pengacara setempat yakni Shinto SH selaku Penasehat bergerak cepat melakukan berbagai upaya penanganan seperti melakukan penyemprotan cairan desinfectan yang rutin dilakukan tiap minggu sekali diberbagai titik wilayah kampung mereka , melakukan langkah langkah Sosialisasi Edukasi tentang Covid 19 di warga masyarakat , membuat brosur , banner dan spanduk yang bertuliskan penjelasan , informasi dan  himbauan tentang seputar Covid 19. Tidak itu saja , para pemuda karang taruna Dusun Sidorejo Dolopo yang di support oleh tokoh dan warga kampung bergotong royong mengumpulkan Donasi untuk keperluan berbagai obat , peralatan semprot dan pengadaan  masker yang dibagikan secara gratis kepada warga masyarakat.

Yang  menarik adalah pengadaan masker , dimana para pemuda Karang Taruna secara mandiri memproduksi sendiri ratusan masker disalah satu warga yang kebetulan memiliki keahlian Sablon. Secara bersama sama dan bergotong royong , mereka antusias terlibat langsung dalam rangka Penanganan pencegahan potensi menyebarnya Virus Corona . Motivasi dan support yang diberikan oleh para tokoh dan warga setempat kepada khususnya para pemuda   merupakan salah satu bentuk remberdayaan potensi dan kreatifitas serta inovasi para anak muda yang sebenarnya memiliki sumber daya manusia yang cerdas,kreatif dan inovatif. ( Jhon ).

Posting Komentar

0 Komentar