Mempercepat Proses Perbaikan, Penyambungan Pipa PDAM Kerahkan 50 Personil






Surabaya - Setelah kemarin PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menyiapkan sarana prasarana di lapangan untuk mendukung pengerjaan eksternal perbaikan pipa, rencananya aliran air hari ini akan dimatikan. Langkah ini dilakukan untuk mempercepat proses penyambungan dan pengelasan pipa. Namun, selama aliran air dimatikan, PDAM memastikan telah menyiapkan suplai air bersih kepada warga terdampak.

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Mujiaman Sukirno mengatakan, setelah seluruh semua peralatan siap dan pekerjaan eksternal telah selesai, maka selanjutnya aliran air akan dimatikan. Hal ini dilakukan untuk mendukung proses pengelasan dan penyambungan pipa.

“Biar rapi (pengerjaan eksternal) kita matikan (aliran air), kita lakukan pemasangan secepatnya. Ini belum kelihatan lukanya seperti apa, tapi saya asumsi kalau lukanya sama seperti dulu, Insya Allah besok sore selesai,” papar  Mujiaman, Senin (18/05/2020).

Masih Mujiaman, untuk mempercepat proses perbaikan, Mujiaman mengaku telah memilih metode cara kerja lain. Jika pada kasus sebelumnya, peralatan seperti alat berat dan para pekerja ditempatkan di titik yang sama, namun tidak untuk sekarang.

“Ada 50 personil yang kami kerahkan. Ada juga (operator alat berat) dari Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, kemudian sub kontraktor. Untuk alat berat ekskavator ada 4 unit,” ucapnya.

Menurutnya, pengerjaan pengelasan pipa baru bisa dimulai hari ini karena kemarin semburan air masih terlalu deras. Karena itu, pada tahap awal, pihaknya harus menyelesaikan pengerukan tanah radius 20 meter dari titik central untuk supporting penyambungan pipa.

“Begitu persiapannya selesai, air bisa dikuras lebih cepat sehingga kita bisa kerja. Kalau kemarin belum bisa kerja (penyambungan pipa) karena airnya sangat deras. Karena kalau ngelas, airnya harus berkurang,” ujarnya.

Namun demikian, Ia telah menyiapkan suplai air bersih kepada warga terdampak. Setidaknya ada 20 armada milik PDAM yang siap mendistribusikan air bersih kepada warga terdampak. “Kami ada 20 armada dan dibantu juga dari pemkot. Titik sasaran utama adalah wilayah Gunung Anyar, Sukolilo dan Kenjeran,” tandasnya.

Akan tetapi, PDAM Surya Sembada juga mengimbau kepada warga terdampak yang membutuhkan air tangki gratis agar mengumpulkan data pelanggan, alamat dan nomor telepon kepada RT atau RW setempat. Selanjutnya pihak RT atau RW dapat menghubungi layanan call center PDAM di nomor 0800-192-6666 (call center bebas pulsa), whatsapp center 081-2331-666 dan 081-133-306-666.

Perlu diketahui bahwa, sejak kemarin (17/5) sekitar pukul 10.00 WIB, pipa milik PDAM Surya Sembada yang berada di Gunung Anyar mengalami kebocoran akibat alat pancang proyek pembangunan gedung universitas. Pipa berdiameter 1000 milimeter ini, mampu mengalirkan setiap 1 liter air per detik kepada 80 pelanggan. (Ham)


Lebih baru Lebih lama
Advertisement