Kampung Tangguh Desa Batulicin Irigasi Dipuji Kapolda Kalsel


BATULICIN - Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Dr. Nico Afinta SIK, SH, MH bersama Danrem 101/Antasari Brigjen Firmansyah  mengunjungi Posko Kampung Tangguh Banua. Desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang,  Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Jum'at (26/06/2020)

Dikatakannya, tujuan dari program ini mengarah pada  penguatan Kampung Tangguh, dengan demikian Kapolda bangga melihat Desa Batulicin Irigasi yang dibawah kepemimpinan Bupati Tanah Bumbu H.Sudian Noor. Dimana kegiatan ini telah berjalan luar biasa. "Saya bangga dengan Desa ini dan bangga dengan Bupatinya. Dilihat dari kebersihan, ketahanan pangan ,Kesehatan masyarakat maupun ketahanan pangannya nampak terlihat disini."ucapnya. 

Tentunya sangat beralasan dimata Jenderal Bintang Dua yang baru dilantik ini,  bahwa dengan keseriusan  warganya menerapkan kampung tangguh Banua, maka di Desa ini  diharapkan dapat menjadi contoh bagi Desa lainnya. Sehingga disaat menghadapi Covid tetap tangguh termasuk saat menghadap bencana lainnya. "Kekuatan dan ketangguhan suatu kampung akan menjadi pokok kekuatan Propinsi dan bangsa kita disaat menghadapi musibah pandemi Covid ini"tandasnya.

Dia menambahkan, dalam kunjungan ke Posko Kampung Tangguh Banua ini adalah upaya mendorong terciptanya Kampung Tangguh dalam menghadapi situasi Covid 19 tersebut. "Ada 5 strategi  menghadapi penanganan Covid yang sudah di diskusikan dengan Pemerintah Daerah yakni peningkatan kapasitas PCR, penambahan tempat tidur di Rumah Sakit dan Rumah isolasi mandiri, pembentukan kampung tangguh, operasi penegakan disiplin dan efesiensi penggunaan anggaran.,"jelasnya usai melakukan peninjauan.

Sementara itu, tanpa kehadiran Gubernur Kalsel, kunjungan ke Posko Kampung Tangguh Banua diwakilkan kepada Asisten Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan Ir. H. Sugian Noorbah. Tampak, selain meninjau UKM dan berbagai kerajianan sebagai simbol kemandirian warga beradaptasi dengan kondisi Corona ini, rombongan Kapolda yang didampingi Bupati Tanbu H. Sudian Noor beserta jajarannya turut meninjau rumah Isolasi mandiri warga yang dipersiapkan jika warga setempat sedang terpapar.

Uniknya lagi kemandirian Desa Batulicin Irigasi ini turut melakukan simulasi pemulasaran Jenazah akibat Covid dihadapan rombongan yang sedang meninjau. Dalam kesempatan itu, Kades Batulicin Irigasi Supriyadi mrngatakan. Desa Batulicin Irigasi sendiri sudah menerapkan pola kampung tangguh ini sebelum ada pandemi covid-19 pun sudah dijalankan.

Sambungnya, yang berbeda dari sebelumnya, dalam situasi adalah adanya tempat cuci tangan dan sabunnya di tiap depan rumah warga. Hal ini merupakan bentuk kesadaran warga untuk menerapkan anjuran protokol kesehatan. "Harapan kami kegiatan ini terus berlanjut hingga pandemi covid-19 berlalu,  karena dasar yang kami lakukan adalah prinsip PHBS atau prilaku hidup bersih dan sehat, "paparnya 

Sementara itu, kunjungan ke Bumi Bersujud tersebut disambut Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki, SIK, MSi, Dandim 1022/TNB Letkol Czi. Bintarto Joko Yulianto, S.IP, M.Han, Danlanal Kotabaru/TNB Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, S,S.T., Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem, Camat Karang Bintang Muhammad Hidayat.SE dan Kepala Desa Batulicin Irigasi  Supriadi. (maiya)

Posting Komentar

0 Komentar