Makmurkan Areal Pemakaman, Warga Mayangan Lakukan Pengurukan Komplek Makam Bujuk Songot


PROBOLINGGO - Menciptakan lingkungan yang asri dan tertata dengan rapi merupakan dambaan semua elemen. Hal ini seperti yang ditunjukkan oleh warga RW.01kelurahan Mayangan kecamatan Mayangan dengan melakukan gerakan sosial yakni membenahi kawasan komplek pemakaman yang biasa disebut warga setempat dengan Makam Mbah Bujuk Songot.

Menurut H. Saifullah, ketua RW 1 Kelurahan Mayangan saat ditemui mengatakan bahwa niatan warga untuk membenahi pemakaman diwilayah ini sebenarnya telah ada semenjak dirinya belum menjadi ketua RW. "Wacana untuk membenahi kawasan pemakaman Bujuk Songot ini sudah cukup lama. Karena upaya meminta bantuan dari Pemerintah kita terkendala birokrasi termasuk soal sertifikat tanah kuburan, akhirnx saya ditunjuk menjadi ketua rehab dan bendaharanya dijabat H.Suwito dan langkah selanjutnya dilakuakn rembuk antar warga untuk menggalang dana melalui urunan."ujarnya.

Lebih lanjut Saifullah menjelaskan jika pengurugan tanah makam dibantu oleh PT AFU (Amak Firdaus Utomo) setelah pihaknya mengajukan proposal dalam kegiatan pengurugan tanah makam tersebut. "Material yang digunakan untuk menguruk lokasi ini bukan limbah, tapi bongkahan material yang bukan tergolong limbah. Warga kelurahan Mayangan dan Sukabumi sangat berterimakasih pada perusahaan ini yang telah membantu kegiatan pengurugan makam tersebut, sehingga harapan warga agar pemakaman ini bisa terbebas dari banjir saat musim hujan dapat terpenuhi. Saya berharap apa yang telah terwujud dapat memberi manfaat bagi masyarakat di dua kelurahan ini."tambahnya.

Sementara Lurah Mayangan, Robi Bustomi S, S.TP ketika dikonfirmasi terkait kegiatan pengurugan pemakaman tersebut mengungkapkan apresiasinya "Kami sangat mendukung atas inisiatif warga RW 01 dalam memperhatikan lingkungan termasuk responsif pada lokasi pemakaman. 

Ditempat berbeda, Direktur PT AFU, AA Rudiyanto saat di wawancarai menyangkut upaya perusahaan tersebut dalam memfasilitasi kepentingan warga mengatakan bahwa langkah itu sejalan dengan program CSR (Corporate Social Responsibility) yang lazim dikeluarkan perusahaan "Yang terpenting apa yang menjadi kebutuhan masyarakat utamanya yang ada disekitar perusahaan dapat terakomodir, terlebih ini bersifat sosial. Diharapkan apa yang telah kami berikan dapat membawa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat."ujar Direktur PT. AFU. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar