Mekar Jaya Angsana Akhirnya Berstatus Desa Tangguh Bencana


BATULICIN – Desa Mekar Jaya Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu, menjadi salah satu percontohan Desa Tangguh Tanggap Banua Covid-19, Rabu (09/06/2020). Desa Mekarjaya merupakan salah satu desa yang melakukan penanganan dan pencegahan Covid-19 dengan menggelar Apel pasukan relawan serta deklarasi siap untuk melakukan penanganan dan pencegahan dengan sejumlah fasilitas yang sudah terpenuhi.

Desa Mekarjaya kini menjadi desa yang sudah siap menjadi desa tangguh tanggap Covid-19 karena sudah memiliki sejumlah sarana dan prasarana, mulai dari rumah karantina, dapur relawan, lahan ketahanan pangan desa serta ketahanan pangan masyarakat. Desa Mekarjaya sendiri saat ini memiliki 4 posko pintu keluar masuk yang selalu dijaga oleh tim relawan, untuk mendeteksi warga yang keluar masuk wilayah Desa.

Sedangkan untuk rumah karantina mampu menampung 10 orang luar daerah yang masuk wilayah Desa Mekarjaya untuk selanjutnya dikarantina di rumah karantina milik desa selama 14 hari dengan dilengkapi fasilitas dapur dan kamar mandi untuk yang menjalani karantina. Selain rumah karantina juga ada pemberian vitamin kepada relawan, dapur umum dan disediakannya lahan untuk pemakaman Covid-19.

Wakapolres Tanbu Kompol Arief Prasetya SIK, Kasdim Mayor Kav Aminudin, Camat Angsana Ferdi Yosfi, Kapolsek Angsana Iptu H Tony Haryono, Kapten Inf Aries serta sejumlah kepala desa di wilayah Kecamatan Angsana berkesempatan meninjau Desa Kampung Tangguh Banua di Desa Mekarjaya Kecamatan Angsana tersebut.

Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu Nahrul Fajeri mengatakan, Mekarjaya merupakan salah satu percontohan desa tangguh tanggap Covid-19 yang dicanangkan oleh Kemendagri di Kabupaten Tanah Bumbu. “Semoga Desa Mekarjaya menjadi motivasi buat desa lainnya, karena di Tanah Bumbu sendiri setiap kecamatan mencanangkan 2 Desa tangguh tanggap Covid-19,” sebutnya.

Kades Mekar Jaya, Joko Wiyono Setiawan, Desa Tangguh Tanggap Banua ini merupakan salah satu langkah untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, sehingga dapat memutus mata rantai penyebarannya.

Ia menambahkan, dalam hal ini semua aparat desa dilibatkan sehingga fasilitas dan penanganan selama karantina juga dipenuhi, begitu juga ketahanan pangan yang telah disediakan desa dan masyarakat untuk membantu sehingga bisa memenuhi kekurangan pangan. “Saya dan semua relawan sudah berkomitmen dan berdeklarasi untuk melakukan penanganan demi masyarakat bersama,” katanya.

Setiap rumah warga lanjutnya, penuh dengan pemanfaatan lahan pekarangan sehingga hampir semua warga di Desa Mekarjaya memiliki tanaman sendiri sehingga untuk menghadapai pandemi Covid-19, ketahanan pangan tercukupi dan masyarakat sudah siap.

Sementara itu, Waka Polres Tanbu Kompol Arief Prasetya SIK, didampingi Kapolsek Angsana Iptu H Tony Haryono, memuji apa yang dilakukan Desa Mekarjaya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kampung Tangguh Tanggap Banua ini sangat membantu sekali. Saya salut dengan kepala desa, dia memberikan pembinaan sehingga pekarangan warga bahkan hingga ke samping jalan raya pun ditanami tanaman yang bermanfaat,” katanya.

Bukan hanya itu, kesiapan desa mulai dari tim relawan, rumah karantina dan dapur umum relawan, lahan ketahanan pangan desa dan masyarakat sangat siap. Bahkan, dari desa juga menyiapkan lahan untuk pemakaman. “Desa Mekarjaya ini sudah sangat siap menghadapi pandemi ini dengan berbagai macam,” katanya. (maiya)

Posting Komentar

0 Komentar