Monev Lapangan Penerapan Prokes. Sekda Jelaskan Begini


BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) lapangan terkait Penerapan Protokol Kesehatan Covid 19 di Bumi Bersujud, Kamis (04/06/2020).

Selain melibatkan SKPD seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Dinas Perdagangan dan Industri, Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata, kampanye itu juga melibatkan unsur TNI dan Polri.

Tim gabungan SKPD, TNI dan Polri itu melakukan monev Penerapan Protokol Kesehatan Covid 19 di Kecamatan Batulicin, Simpang Empat dan Kusan Hilir. Adapaun yang menjadi target monev antara lain pasar, bank, rumah makan, tempat hiburan, toko modern serta fasilitas umum lainnya yang menjadi tempat berkumpulnya orang banyak.

Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem saat melepas tim gabungan di Posko Induk Penanganan Covid-19, kantor BPBD, mengatakan kebijakan Pemerintah yang memberlakukan “New Normal” di beberapa wilayah harus diikuti dengan pemahaman masyarakat akan maksud dan tujuannya.“Semua usaha pemerintahan menjadi tidak berarti tanpa adanya pemahaman dari masyarakat,” ujarnya.

Pemerintah bertugas mengingatkan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam berkegiatan sehari agar sesuai dengan protokol kesehatan saat pandemi Covid-19. “Inilah pola kehidupan baru yang harus dilakukan. Keluar rumah pakai masker, cuci tangan dan selalu jaga jarak,” jelasnya.

Sekda melanjutkan, saat ini “New Normal” belum ditetapkan di Bumi Bersujud, akan tetapi masyarakat harus sudah siap apabila keputusan tersebut diambil pemerintah. Di tempat berbeda, Bupati H Sudian Noor mengharapkan masyarakat tetap melakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Perilaku masyarakat yang disiplin akan sangat membantu pemerintah dalam mencegah dan menangani penularan Covid-19 di wilayah kita,” ingatnya. Setelah berkeliling ke lokasi di tiga kecamatan tersebut, tim gabungan kemudian kembali ke Posko Induk Penanganan Covid-19 di kantor BPBD untuk menyampaikan hasil monev.(maiya)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement