Momentum HKG, Sadariah Minta Keluarga Kecil Harus Diberdayakan


BATULICIN – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) turut memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 48. Kegiatan digelar di halaman Gudang Cadangan Pangan di Desa Beringin Kecamatan Kusan Hilir, Selasa (25/08/2020).

Dikatakan Ketua TP PKK Hj Sadariah. Dalam momentum HKG, Keluarga sebagai unit terkecil masyarakat,  sejatinya harus selalu diberdayakan. "Terutama melalui HKG PKK ke 48, keluarga harus menjadi fokus perhatian hingga merasakan dampak dari kegiatan yang dilkasanakan oleh PKK.Termasuk pemilihan lokasi peringatan yang ada di tengah masyarakat."paparnya. 

Selain itu, Hj Sadariah juga memberikan perhatian khusus terhadap Posyandu. Di tempat itu, masyarakat dapat melakukan interaksi sosial seraya mendapatkan pelayanan dasar seperti kesehatan, pendidikan maupun sosial. Serta mampu menjadi salah satu tempat untuk mendeteksi secara dini kasus Stunting yang ada di wilayah itu. “Inilah yang harus kita sadari bersama, bahwa gerakan PKK itu sesungguhnya merupakan potensi pembangunan bagi Bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Ia juga berharap segenap jajaran TP PKK untuk menjaga suasana kebersamaan dan kegotong royongan, agar agenda kerja pemerintah melalui sejumlah program pembangunan dapat tercapai. Kemudian Bupati H Sudian Noor selaku Pembina TP PKK menyebutkan PKK memiliki peran penting dalam memajukan Indonesia. Karena PKK adalah gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah, dengan wanita khususnya para ibu sebagai penggeraknya. “Seorang laki-laki sukses, pasti ada seorang wanita hebat di belakangnya,” ujar Sudian Noor.

Sedangkan terkait pandemi Covid-19, Bupati mengingatkan tentang ketahanan pangan dalam menghadapai situasi pandemi. Pemanfaatan lahan kosong di sekitar rumah seperti pekarangan dapat membantu menguatkan ketahan pangan masyarakat. Disitulah menurut Bupati, PKK dapat ikut berperan aktif. Sehingga masyarakat dapat kuat dan memiliki ketahanan pangan dalam menghadapi pandemi.

Dalam kegiatan itu dilakukan pemotongan tumpeng oleh Bupati untuk diserahkan kepada Ketua TP PKK. Kemudian juga diserahkan bantuan bagi kader posyandu dan bantuan masker bagi TP PKK seluruh kecamatan di Bumi Bersujud. (maiya)

Posting Komentar

0 Komentar