Percantik Kawasan Kalibokor, Pemkot Surabaya Gelar Kerja Bakti




Surabaya- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mempercantik kawasan Kalibokor. Bahkan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama jajarannya melakukan kerja bakti di kawasan tersebut, Selasa (4/8/2020). Kerja bakti kali ini, digelar di sepanjang Sungai Kalibokor.

Tiba di lokasi, Risma langsung mengambil sapu, sarung tangan serta keranjang rotan dan bergegas memulai menyapu pinggir kali. Sesekali, ia memberikan arahan kepada jajarannya untuk melakukan perantingan pohon di beberapa titik. “Itu tolong dibersihkan, dan pohonnya tolong dilakukan perantingan,” papar Wali Kota Risma meminta petugas dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH).

Di samping itu, ia juga meminta jajaran Dinas PU Bina Marga dan Pematusan untuk melakukan pengerukan Sungai Kalibokor. Bahkan, ia juga meminta untuk memperlebar sungai tersebut. “Itu dikeruk dan dilebarkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Anna Fajriatin menjelaskan bahwa, yang dibersihkan itu diantaranya kawasan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang mana di sekitarnya masih ada bangunan liar. “Jadi, bangunan itu kita bongkar supaya lebih bagus dan dia tidak boleh lagi berada di situ,” tutur Anna di sela-sela melakukan kerja bakti.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa area taman di kawasan itu juga akan dipercantik, sehingga tanaman-tanaman yang kosong atau mati akan diganti lebih hijau, sehingga kawasan ini nantinya tidak jadi tempat pembuangan sampah sembarangan.
“Nanti akan ditanami Pohon Trembesi, tanaman pelindung dan bahkan Melati Jepang, sehingga di kawasan itu nanti akan betul-betul menjadi tempat untuk kreativitas anak muda Surabaya,” ucapnya.

Ia juga memastikan bahwa mulai hari ini hingga beberapa hari ke depan akan melakukan penanaman dan pembersihan di kawasan tersebut, termasuk akan memasang beberapa kursi hias seperti yang sudah ada di taman-taman lainnya di Kota Pahlawan. Ia berharap, setelah kawasan Kalibokor itu sudah dipercantik, tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan di kawasan tersebut.

“Kami berharap, warga juga merasa memiliki taman ini, sehingga merasa eman juga untuk merusak atau pun membuang sampah di sini,” terangnya.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati menjelaskan bahwa berdasarkan permintaan dari Wali Kota Risma, pihaknya melakukan pengerukan di kawasan Sungai Kalibokor. Sebab, sungai itu memang sudah terlihat dangkal. “Pengerukannya sudah dikerjakan mulai Hang Tuah, terus Ngagel Timur Jembatan BAT,” urainya.

Dia menyebutkan bahwa, Sungai Kalibokor itu akan dilebarkan ke kanan dan ke kirinya sekitar 3 meter supaya aliran airnya lebih lancar. Menurutnya, pelebaran ini penting untuk menambah kapasitas saluran air.

“Yang dilebarkan 3 meter itu kemungkinan sepanjang 300 meter, ini untuk menambah kapasitas saluran di sana,” tambahnya. (Ham)


Lebih baru Lebih lama
Advertisement