Dimasa Pandemi Covid-19 Pemberdayaan Masyarakat Tetap Berjalan

BANYUWANGI - Pandemi Covid-19 melanda secara global sangat melumpuhkan multi dimensi, terutama sendi perekonomian, banyak masyarakat kehilangan pekerjaan, karena banyaknya perusahaan. UMKM yang lumpuh,  sehingga daya beli masyarakat sangat rendah.

Akan tetapi kebersamaan, gotong-royong pemberdayan masyarakat tetap berjalan. Seperti yang dilakukan masyarakat dusun Krajantimur desa Singojuruh kecamatan Singojuruh Banyuwangi dalam perbaikan jalan paping volume 300X3X1m2 yang dibangn oleh Program Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) 2017, kondisina memperhatinkan banyak yang rusak sehinngga menghambat aktifitas masyarakat dalam memperlancar perekonomian.

Melihat keadaan yang meprehatinkan , tokoh masyarakat bersama kepala dusun perwakilan BPD, para RT mengadakan rapat kecil membentuk panitia perbaikan jalan  Minggu (6/8/2020) di angkringan dalam bentuk Pemberdayaan Masyarakat secara  swadaya.  Aref Rahman Purnawirawan Mariner di nobatkan sebagai ketua panitia, kepala dusun Andri sebagai penanggung jawab dibantu tokoh masyarakat yang lain.

Waktu terus berjalan, dana yang ditentukan bantuan dari semua pihak bisa terkumpul,sehingga pada hari Minggu (13/9/2020) pelaksanaan kegiatan perbaikan jalan paping secara pemberdayaan masyarakat berlangsung. Tidak disangka pada waktu pelaksanaan semua masyarakat dusun Krajantimur bapak-bapak, remaja , ibu-ibu menyediakan komsumsi , dan guyup bergotong –royong dan hadir kepala desa Singojuruh Suharto, semua kepanitiaan perbaikan jalan, perwakilan BPD Nuris ,kepala dusun Andri Arief Rahman.

Rahman sebagai ketua pelaksanaan kegiatan dikomfirmasi mengatakan “ Alhamdhulilah pelaksanaan perbaikan jalan ini sangat sukses, dimana semua masyarakat bisa hadir 99% bahu membahu bergotong-royong melaksanakan perbaikan jalan ini, padahal masa sulit. Akan tetapi dalam pelaksanaa, semua masyarakat menjalankan protokol kesehatan (memakai masker), sebab Banyuwangi sekarang zona merah per 11 Setember tercatat 974 terkomfermasi – 29 meninggal.

Saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat dusun Krajantimur yang bahu membahu bergotong-royong. Juga tidak lupa berterima kasih kepada semua yang membantu dana, sehingga pelaksanaan perbaikan jalan paping bisa berjalan sukses. Katanya

Suharto kepala desa Singojuruh yang juga sebagai penyeport matrial/moril memberikan apresiasi kepada masyarakat dusun Krajantimur, dimana pemberdayaan masyarakat maupun swadaya masyarakat sangat penting sekali, karena tolak ukurnya kerukunan. Dilihat dari sisi sosialnya adalah kerukunan, karena kalau suah rukun, stabilitas keamanan pasti terjaga. Katanya. (jok)   

Posting Komentar

0 Komentar