Tuntaskan PAUD Satu Tahun Pra SD. Perbup Tanbu Nomor 33 Tahun 2019 Amanatkan Pembentukan Tim

BATULICIN - Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan  (Disdikbu) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan lintas SKPD terkait sekaligus mensosialisasikan Peraturan Bupati Tanah Bumbu Nomor 33 Tahun 2019.

Rakor ini terkait  gerakan melaksanakan program percepatan penuntasan  pendidikan usia dini (PAUD) satu tahun pra Sekolah Dasar secara menyeluruh. Rakor sekaligus Sosialisasi dari Perbup ini dibuka  Plt. Kepala Dinas Disdikbud Tanbu  Drs. Abdul Latief diruang Sekretariat PGRI, Kamis (22/10/2020) Kelurahan Gunung Tinggi.

Dia sampaikan , dalam sosialisasi ini menjadi pertimbangan, dimana penyelenggaraan PAUD ini dimaksudkan untuk mendorong kemampuan dasar anak didik agar berkembang dan tumbuh secara baik dan benar. "PAUD ini  cukup penting dan sangat menentukan, oleh kerena itu perlu PAUD satu tahun Pra Sekolah Dasar, "ungkapnya.

Lanjutnya,guna menuntaskan program  berpayung dari Perbup ini maka pihak yang bertanggung jawab adalah Pemerintah Daerah yang terbentuk dalam koordinasi, kelompok kerja ditingkat Kabupaten ,Kecamatan baik Desa maupun Kelurahan. Namin selain unsur Pemerintah Daerah, tim koordinasi turut melibatkan masyarakat.

Sambungnya, tugas dari tim Koordinasi atau kelompok kerja yakni membantu melakukan pendataan bagi anak usia 6 tahun yang belum memasuki PAUD. Kemudian melaporkan hasil pendataan pada pemerintah tingkat atas secara berjenjang dan melakukan validasi data secara berkala dan evaluasi kemampuan dengan SKPD terkait."Melalui pembentukan tim koordinasi ini diharapkan anak umur 6 tahun dapat terlayani sebagai peserta PAUD sebelum 1 tahun masuk SD,"paparnya.

Dia menambahkan. sampai tahun 2018 yang dirilis sampai tahun 2019 maka  angka partisipasi kasar (APK) PAUD kita masih 57,28 persen. Tentunya anak  PAUD yang  terlayani masih 57,25 persen. Kendala untuk menggerakan APK ini  tandas nya didasari oleh masyarakat yang tidak mau melibatkan anaknya sebagai peserta PAUD.

"Bahkan ada orang tua yang punya tuntutan kepada guru PAUD bahwa sampai ini katanya anak saya belum bisa baca tulis. Sementara di PAUD tidak harus bisa baca tulis tapi lebih dominan bagaimana anak bisa bersosialisasi dan bermain maka disitulah hal yang lebih penting," ucapnya.

Diketahui, peserta didik PAUD satu tahun Pra SD yang berada pada satuan pendidikan formal dan nonformal yaitu, Kelompok Bermain, TPA, TK, Pos PAUD yang disintegrasikan dengan Posyandu, Raudlatul Athfal (RA) BA atau Bustanul Athfal. (imran)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement