Tiga Kabupaten Terdampak Banjir Dapat Bantuan Pelayanan Kesehatan Gratis Dari Pemkab Tanbu

BATULICIN – Banjir melandai 9 Kabupaten di Propinsi Kalimantan Selatan dalam sepekan dipastikan menyisakan persoalan baru. Tentunya penyakit akibat banjir akan menghadang setelah ini. 

Antisipasi dan pengobatan bagi masyarakat yang terdampak banjir itu Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berupaya memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk membantu korban tersebut.

Andil Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Kesehatannya memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan untuk membantu korban di tiga Kabupaten. Diantaranya Kab. Tanah Laut (Tala), Kota Banjarbaru, dan Kab. Banjar.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanbu, H. Setia Budi, mengatakan pelayanan kesehatan ini dilaksanakan sebagaimana arahan Bupati Tanbu H. Sudian Noor.

“Kami melaksanakan pelayanan kesehatan bagi korban terdampak banjir,” ujar H. Setia Budi, Minggu (24/01/2021).

Adapun nakes yang dikerahkan ucapnya untuk membantu memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga terdampak banjir terdiri dari 8 orang dokter, 46 tenaga paramedis, dan 10 orang tenaga pendamping.

Lanjutnya, pada kegiatan pelayanan kesehatan di Kab. Tala, tenaga kesehatan Tanbu melayani kesehatan gratis kurang lebih 350 orang masyarakat dengan berbagai keluhan antara lain sakit perut, gatal-gatal, darah tinggi, pusing, maag, luka- luka, lecet, serta peradangan kulit dan lainya.

Dia menambahkan. Di Kabupaten Tanah Laut, pelayanan kesehatan dilaksanakan pada beberapa kecamatan yang terdampak banjir parah yaitu Kecamatan Kurau, Takisung, Tambang Ulang, dan Bati- bati.

Sedangkan di Kab. Banjar dan Kota Banjarbaru, masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan gratis berjumlah kurang lebih 250 orang dengan berbagai keluhan penyakit.

“Pelayanan kesehatan ini direncanakan akan dilanjutkan hingga tiga hari kedepan,” ucap H. Setia Budi. (faris)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement