Grab Indonesia Tawarkan Kerjasama dengan Pemkot, Wali Kota Eri: Harus Ada Manfaatnya untuk UMKM

 




Surabaya- Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menerima audiensi perwakilan manajemen Grab Indonesia. Audiensi itu terkait penawaran kerjasama beberapa bidang yang diajukan pihak manajemen Grab Indonesia kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyambut baik penawaran kerjasama dari Grab Indonesia tersebut. Namun, dia menekankan, apabila kerjasama itu terlaksana maka harus memberikan manfaat bagi warga Surabaya.

"Secara teknis monggoh (silahkan) dipaparkan ke teman-teman OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Tapi dari semua itu, kerjasama itu nantinya juga harus bermanfaat bagi warga saya," kata dia saat audiensi yang berlangsung di ruang kerja wali kota, Balai Kota Surabaya, Senin (29/3/2021).

Dia mencontohkan, misalnya kerjasama itu dalam sektor pariwisata atau lebih tepatnya wisata kuliner. Secara otomatis, kerjasama itu harus memberikan manfaat kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

"Ketika itu berjalan nanti apa sih yang bisa didapat pelaku UMKM, atau terhadap sentra wisatanya," ungkap Cak Eri sapaan lekat Wali Kota Surabaya.

Oleh sebab itu, Cak Eri kembali mengingatkan kepada perwakilan manajemen Grab Indonesia yang hadir saat itu agar benar-benar memikirkan manfaat dari kerjasama tersebut. Bagi dia, kerjasama yang akan terjalin itu dapat saling menguntungkan kedua belah pihak.

"Ketika hadirnya Grab nanti, maka buat sebuah MoU (nota kesepahaman) atau perjanjian dengan pemkot yang bisa bermanfaat untuk warga saya. Misal untuk pengembangan pariwisata atau bidang ekonomi," kata dia.

Sementara itu, Business Development Head East Java, Grab Indonesia, Irvan Prasetyo menjelaskan, beberapa tawaran kerjasama yang diajukan Grab Indonesia. Salah satu di antaranya adalah terkait pengembangan pariwisata serta pemberdayaan UMKM lokal Surabaya.

"Kami sangat concern terhadap peningkatan UMKM. Untuk bisa mengangkat UMKM ini ada beberapa hal yang bisa kami lakukan untuk membantu. Melalui aplikasi maupun beberapa kegiatan yang sifatnya workshop atau pelatihan," kata Irvan Prasetyo.

Seusai menyampaikan poin-poin tujuan audiensi kepada Wali Kota Surabaya, perwakilan Grab Indonesia kemudian menjelaskan paparannya lebih teknis kepada masing-masing Kepala OPD terkait yang hadir saat itu.

Di antaranya, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Wiwiek Widayati, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopum) Widodo Suryantoro, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika M Fikser, serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya, Antiek Sugiharti. ( Ham)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement