Pilkades di Tanah Bumbu Akan Pakai E-Voting

BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu akan memakai sistem E-Voting pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Bumi Bersujud kedepannya. Sebagai langkah awal keseriusan dalam melaksanakan pemungutan suara berbasis  elektronik tersebut, maka jajaran Pemkab Tanah Bumbu melakukan study komparasi ke Kabupaten Tabalong yang sudah melaksanakan E-Voting Pilkades di beberapa desa.


Study komparasi ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tanbu, H.M. Rusli didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Ir. Hj. Mariani, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Nahrul Fajeri beserta jajarannya, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ardiansyah, Senin (29/03/2021).

Rombongan Pemkab Tanbu diterima Wakil Bupati Tabalong H. Mawardi, Asisten 1, Kepala Dinas PMD, dan Kadis Kominfo Tabalong di Ruang Rapat Kantor Bupati Tabalong. Wabup Tanbu, H.M. Rusli mengatakan study komparasi ke Kabupaten Tabalong dalam rangka mendapatkan masukan terkait pemilihan kepala desa melalui E-Voting yang sudah pernah dilaksanakan di Kabupaten Tabalong.

H.M. Rusli menilai pemilihan yang dilakukan  secara E-Voting tersebut lebih efektif dan efesien. Pada kesempatan itu, Wabup H.M. Rusli juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran Pemkab Tabalong yang sudah menerima jajaran Pemkab Tanbu dan memberikan informasi dan masukan yang diberikan terkait Pilkades melalui E-Voting.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Tanah Bumbu, Ardiansyah mengatakan pihaknya selaku Dinas Kominfo siap bersinergi dengan Dinas PMD untuk melaksanakan Pilkades melalui E-Voting di Bumi Bersujud. "Sistem E-Voting ini tentunya lebih efesien, hemat waktu, dan juga hemat biaya," sebutnya.

Tabalong sendiri, ujar Ardiansyah merupakan satu-satunya daerah di Kalsel yang sukses melaksanakan E-Voting Pilkades. "Ada tiga desa yang melaksanakan E-Voting, dan sukses. Selain itu, tidak ada suara yang rusak," ucapnya. (faris)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement