Zairullah Azhar Ikuti Arahan Presiden RI Dalam Rakor Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020

BATULICIN - Sebanyak 184 kepala daerah pemenang Pilkada serentak 2020 mengikuti  arahan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara virtual pada Rabu 14 April 2021.

Satu dari ratusan kepala Daerah hasil Pilkada tersebut turut dihadiri Bupati Tanah Bumbu dr. HM. Zairulah Azhar di ruang DLR Rabu (14/04/2021) kantor Bupati.

Selain itu rakor Virtual turut dihadiri Kapolres Tanbu AKBP. Himawan Susanto serta pejabat Pemkab Tanbu lainnya.

Dalam arahan video confrence nya Jokowi mengingatkan agar jabatan yang diemban saat ini tak hanya mengikuti prosedur yang berlaku.

"Jabatan yang diberikan merupakan kehormatan sekaligus sebuah tanggung jawab besar dan berat. Oleh sebab itu, jangan sampai saudara hanya mengikuti prosedur yang ada. Kepala daerah harus berani berinovasi, orientasinya adalah hasil. Bekerjalah dengan semangat tinggi," kata Jokowi.

Dalam agenda tersebut, Jokowi menyebutkan bahwa inovasi, kecepatan, dan ketepatan dalam mengambil kebijakan sangat dibutuhkan saat ini.

Kepala daerah harus membuat kebijakan fokus dengan skala prioritas yang jelas. Sehingga alokasi anggaran lebih fokus dan terkonsentrasi dan hasilnya terlihat nyata oleh masyarakat. Kepala daerah harus berani menentukan prioritas untuk membangkitkan ekonomi di daerah," ungkapnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengingatkan seluruh kepala daerah dalam pelayanannya tidak sekadar membaca laporan saja.

Sebaliknya ia mengharapkan para kepala daerah turun langsung mengecek, melihat, dan mengontrol kondisi lapangan.

Selanjutnya, kepala negara mengarahkan para kepala daerah terkait pencegahan dan penanganan Covid-19 saat ini.

Menurutnya masalah Covid-19 juga menjadi prioritas, karena itu sinergitas dalam menghadapi pandemi harus diperkuat dengan PPKM Mikro dan isolasi mandiri di tingkat terkecil.

Selain itu, kepala daerah diminta untuk terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat yang didukung penuh oleh program vaksinasi.

"Tenaga kesehatan, pelayanan publik, lansia dan lokasi interaksi mobilitas yang tinggi. Target kita di bulan Juli, 70 juta penduduk Indonesia akan divaksinasi," paparnya.

Selanjutnya, dalam meningkatkan perekonomian, APBD sebaiknya diarahkan untuk memperbanyak program padat karya untuk mencetak lapangan pekerjaan.

Segera eksekusi belanja sosial dan bantuan sosial (bansos) yang dibutuhkan oleh masyarakat serta bantu juga pelaku UMKM.

"Berikan pelayanan dan dukungan penuh kepada investasi baru. Implementasi UU cipta kerja harus didukung penuh, memperlambat izin investasi sama saja memperlambat terciptanya lapangan kerja baru. memperlambat pertumbuhan ekonomi suatu daerah, yang juga menjadi penyebab lambatnya pertumbuhan ekonomi nasional," jelasnya.

Jokowi turut mengucapkan selamat kepada 184 kepala daerah pemenang Pilkada serentak 2020 yang meliputi gubernur, bupati, dan walikota beserta wakil yang telah dilantik beberapa waktu lalu.(faris)

Posting Komentar

0 Komentar