Cegah Penyebab Covid. Satpol Sasar Desa Disejumlah Kecamatan

BATULICIN – Sejumlah Anggota Satpol PP Kabupaten Damkar Kabupaten Tanah Bumbu  diterjunkan guna melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi (Monev) penegakan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Aksi tim penegakan Perda ini bertugas dalam rangka mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di wilayah Bumi Bersujud, Satpol PP Kabupaten Tanah Bumbu dengan sasaran pencegahan ke desa-desa.

Disampaikan Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, M. Putu Wisnu Wardana.  Sasaran di 4 Kecamatan dan 5 Desa menjadi lokasi giat pembinaan monitoring dan evaluasi penegakan prokes Covid-19 oleh Satpol PP Tanbu. Yakni Empat Kecamatan itu terdiri dari Kusan Hilir, Kusan Hulu, Karang Bintang, dan Mantewe.

Dia sebutkan, ada 5 Desa yang menjadi lokasi giat yaitu Desa Barugelang, Mudalang, Karang Mulya, Karang Rejo, dan Gunung Raya. “Giat telah dilaksanakan sebanyak 2 Kali di 4 Kecamatan dan 5 Desa. Sasaran giat yakni tempat keramaian seperti pasar dan tempat ibadah,” ujarnya.

Dari hasil giat pembinaan dan Monev tersebut, bahwa seluruh desa yang dikunjungi telah menganggarkan 8% dari Dana Desa untuk penanganan Covid 19.

Kemudian anggota Satpol PP juga mengunjungi Posko PPKM Covid 19 Desa untuk optimalisasi pemahaman SOP/Juknis dari Posko dimaksud. Sementara itu, terkait prokes, masyarakat dari seluruh Desa yang dikunjungi memahami tentang prokes namun belum melaksakannya dengan optimal.

Selain itu, guna mencegah penyebaran Covid-19 ini pula, sebut Wisnu, Satpol PP juga telah melaksanakan sosialisasi ke masyarakat terkait prokes dimana sosialisasi dilaksanaan pada saat pelaksanaan Ibadah Jumat (waktu berkumpulnya Masyarakat Desa) dan hari pasar.(faris)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement