Kestabilan Harga Jadi Perhatian Pemkab Tanbu Jelang Lebaran Idul Adha

BATULICIN – Kestabilan harga bahan pokok terus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. Apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Kerena itu Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tanah Bumbu (Disdagri Kab Tanbu) melakukan kegiatan pengawasan harga dan stok bahan pokok di Pasar Harian Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Senin (12/07/2021).

Kepala Disdagri Tanbu H. Deny Haryanto, mengatakan pada kegiatan pengawasan Bapok/sembako jelang Hari Raya Idul Adha 1442 H/ tahun 2021 di Pasar Harian Simpang Empat untuk kebutuhan bapok kondisi terkendali.

“Secara umum harga masih relatif normal seperti gula pasir, minyak goreng, tepung, beras, dan kebutuhan vital lainnya,” paparnya.

Sedangkan untuk komponen bapok yang mengalami kenaikan yaitu telur, daging ayam kampung, daging sapi, dan ikan peda.

Harga per hari ini, telur ayam kampung dari harga Rp.2500/biji naik menjadi Rp.3500/biji.

Daging ayam kampung dari harga Rp.80.000/kg naik menjadi Rp.90.000/kg.

Daging sapi dari harga Rp 130.000/kg naik menjadi Rp.140.000/kg.

Ikan peda dari harga Rp.35.000 /kg naik menjadi Rp.40.000 /kg.

Ikan tongkol dari harga Rp.30.000/kg naik menjadi Rp.35.000/kg.

Kondisi kenaikan ini, sebut H. Deny dipicu oleh siklus tahunan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) karena banyaknya permintaan.

Sementara itu, untuk ketersediaan bapok dan bapokting vital di kab. Tanbu sampai akhir Juli 2021 cukup tersedia pada gudang para Distributor.

Tindaklanjut dari hasil pengawasan yang dilakukan ini, sambung H. Deny yaitu melakukan monitoring dan sosialisasi agar pedagang tidak menaikan harga diatas kewajaran dan mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan aksi borong sembako.

Kemudian, melakukan kordinasi dengan pihak/institusi terkait kelancaran distribusi bapok dan bapokting. (faris )

Posting Komentar

0 Komentar