Petugas Tempat Isolasi Tingkat Desa Ikuti Pelatihan

BATULICIN - Sebanyak 43 petugas tempat karantina atau isolasi tingkat desa di Kecamatan Angsana mengikuti pelatihan, belum lama tadi. Menurut Plt. Camat Angsana, Liana Hamita, mengatakan kegiatan pelatihan bagi petugas karantina atau isolasi tingkat desa ini merupakan tindak lanjut dari hasil rakoor dan sosialisasi PPKM yang digelar beberapa waktu lalu yang dihadiri Bupati H.M. Zairullah Azhar, Kepala SKPD, Muspika, Kepala Desa, Pimpinan Perusahaan, dan Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Simpang Empat yang mengamanatkan agar sistem karantina atau isolasi tidak lagi menggunakan isolasi mandiri di rumah, tetapi dilakukan dengan isolasi terpusat dengan penanganan yang lebih paripurna.

"Rakoor yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Angsana beberapa waktu lalu menghasilkan kesepakatan setiap desa menyiapkan tempat karantina khusus yang refresentatif dan memenuhi syarat dilengkapi dengan petugas/relawan yang dibekali pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk menjalankan tugas," sebut Liana Hamita yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Angsana.

Pelatihan ini, sambung Liana, dilaksanakan dengan cara tatap muka terbatas dengan memperhatikan penegakan protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan materi pelatihan disampaikan oleh petugas Puskesmas Perawatan Sebamban II yang menekankan hal-hal yang harus dilakukan oleh petugas atau relawan yang nantinya akan menangani tempat karantina/isolasi di desa masing-masing.

Selanjutnya, dilakukan diskusi interaktif dan simulasi penggunaan beberapa alat kesehatan diantaranya pengukur tekanan darah digital, dan pengukur saturasi, ini dimaksudkan sebagai pengetahuan dasar agar petugas dapat mendeteksi secara lebih dini gejala yang dialami oleh warga serta pada saat berada ditempat isolasi.

"Pihak kecamatan menyampaikan penjelasan dasar-dasar dilaksanakanya pelatihan serta menyampaikan hasil beberapa kali rakoor, penganggaran, serta beberapa kemungkinan permasalahan yang telah dan akan timbul yang bertujuan agar dapat tersampaikan secara berantai sehingga secara bersama-sama dapat menghadapi permasalahan dan menemukan solusi di masyarakat," ucap Camat.

Untuk memastikan persiapan dan kesiapan tempat isolasi disetiap desa, selanjutnya Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Angsana  akan meninjau dan mengevaluasi kesetiap desa dan akan terus memantau seluruh kegiatan tersebut secara maraton.

Adapun peserta pelatihan sebanyak 43 orang terdiri dari Desa Angsana 5 orang, Desa Sumberbaru 4 orang, Desa Purwodadi 5 orang, Desa Bayansari 5 orang, Desa Karang Indah 5 orang, Desa Bunati 3 orang, Desa Banjarsari 4 orang, Desa Mekar jaya 3 orang, Desa Makmur 5 orang, PT Minamas 1 orang, dan PD/PLD/PDT 1 orang. (faris)

Posting Komentar

0 Komentar