HUT ke-23, PJI Gelar UKW Angkatan 7, Baksos dan Diklat Jurnalistik

 
Surabaya - Persatuan Jurnalis Indonesia(PJI) merayakan HUT ke-23 tahun 2021. Acara yang digelar Sabtu (11/12/2021) di Universitas Hang Tuah Surabaya ini dirayakan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, baksos untuk masyarakat, diklat jurnalistik, serta kegiatan Uji Kompetensi Wartawan(UKW) dengan menggandeng Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Hartanto Buchori selaku ketua umum PJI, dalam konferensi pers-nya mengatakan, bahwa PJI merayakan HUT ke-23 dengan menggelar baksos, diklat jurnalistik dan UKW. Hal ini sesuai dengan visi dan misi organisasi. Visi PJI sendiri adalah menjadikan dunia pers menjadi lebih baik, menggelar UKW secara berkesinambungan, serta misi dari PJI adalah mendekatkan diri ke masyarakat.

“PJI hari ini merayakan HUT ke-23, di mana pada perayaan kali ini kami menggelar berbagai kegiatan. Di antaranya baksos sebagai bagian dari misi kami untuk dekat dengan masyarakat, serta diklat Jurnalistik dan UKW sebagai bagian dari visi organisasi,” ujar Buchori.
 
Untuk baksos sendiri, PJI membagikan bingkisan berupa sembako kepada warga sekitar yang terdampak pandemi Covid-19. Hal ini sebagai bentuk syukur dan rasa kepedulian yang dimiliki oleh PJI.
 
Sedangkan untuk kegiatan UKW sendiri, Buchori mengatakan, jika kegiatan tersebut diikuti oleh 18 peserta dari berbagai media yang tersebar di beberapa wilayah, bahkan sampai luar Jawa, yakni dari Kabupaten Buru Pulau Buru Maluku.
 
“Untuk hari ini yang mengikuti UKW Angkatan ke-7 yang kami gelar ada 18 peserta. Mereka berasal dari media yang resmi dan berbadan hukum, bahkan ada peserta kami yang datang dari luar Jawa, yakni dari Maluku,” beber pria murah senyum ini.

Sedangkan ketika disinggung soal legalitas PJI sebagai organisasi wartawan, Buchori menyatakan, bahwa legalitas PJI di Dewan Pers (DP) sudah diakui. Hal ini dibuktikan dengan setiap kegiatan PJI yang selalu mendapat support dan dukungan dari Dewan Pers.
 
“Tadi pada perayaan HUT PJI ke-23 banyak ucapan dan sambutan yang mengalir. Salah satunya sambutan dari Ketua Dewan Pers. Hal ini sudah membuktikan jika PJI diakui oleh DP. Kalau tidak diakui, DP tidak akan mau mengucapkan itu. Yang hadir pada acara HUT tadi juga banyak, ada dari unsur TNI dan Polri, serta perwakilan dari Pemprov,” pungkas Buchori. (fr)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement