Linda Leo Blak-blakan Mulai Tidak Ada Inisiatif Merubah Status dari Janda ke Perawan Sampai Adanya 'Ayah Pura Pura'


Surabaya - LindaLeo Darmosuwito, mantan istri Bos Minyak Kayu Putih yang menjadi terdakwa dugaan kasus pemalsuan keterangan belum menikah Nomor : 474.2/165/35.73.05.1009/2009 tanggal 19 Mei 2009, akhirnya buka-bukaan kala menjalani sidang pemeriksaan terdakwa. Kamis (9/12/2021).

Linda Leo membeberkan fakta yang selama ini terbungkus rapat mengenai kasus yang menimpa mereka, termasuk mengurai motif dirinya dicerai dan dikriminalisasi oleh mantan suaminya, Sugianto Setiono.

Dikatakan Linda Leo bahwa untuk persiapan pernikahan dirinya hanyalah dimintai sama Sugianto Setiono menyerahkan KTP, KK dan Pas Photo saja. Terkait adanya surat pernyataan belum menikah dan N1 dalam BAP tambahan Linda Leo di Polda Jatim tanggal 21 Maret 2021 point 5, Linda Leo dengan tegas mengatakan tidak mengetahuinya dan menolak BAP itu.

'Itu semua diatur oleh pengacara saya sebelumnya. Terkait ada status belum menikah dalam KTP dan KK saya itu kesalahan Dispenduk Capil. Sebab saya dimanapun selalu mengaku sebagai seorang janda yang beranak satu. Kalau saya memang ingin menghilangkan status saya, saya akan pindah yang jauh dari kota Malang. Untuk apa saya masih tetap tinggal di kota Malang kalau saya ingin merubah status saya," kata Linda Leo.

Ditanya Jaksa apakah Linda Leo pernah berinisiatif untuk merubah status dirinya dari janda menjadi belum pernah menikah,? Linda Leo menjawab tidak.

"Saya bahkan pernah bertengkar dengan biro jasa yang mengurusi pengurusan surat-surat saya. Saya anggap dia tidak becus bekerja. Tapi saya tidak bisa berbuat apa-apa sebab sekarang dia sudah meninggal, tahu-tahu kenapa status saya seperti ini. Sekarang saya kesulitan untuk membuat administrasi kependudukan sendiri, dan untuk mengganti status semacam itu sulitnya luar biasa," jawabnya.

Terkait adanya perubahan nama Endang, Linda Leo Darmawati menerangkan kalau hal itu dia lakukan bukan untuk merubah status dirinya sama sekali, melainkan karena atas saran seorang suhu wanita yang dia kenal.

"Sedangkan perubahan nama Stevani Alexander menjadi Anggelina Carenza terjadi tahun 2008, karena pada saat kecil dia sakit-sakitan," terangnya.

Diceritakan Linda Leo, bahwa dia berkenalan dengan Sugianto Setiono pada saat dirinya dan temanya sedang bersama-sama merayakan ulang tahun, saya 8 Agustus sedangkan teman saya 12 Agustus. 

"Nah Sugianto Setiono ini adalah temannya teman saya. Waktu kenalan dengan saya dia mengaku duda. Saya awalnya menolak-nolak, tapi dia mengejar terus. Katanya kalau tidak sama saya dia tidak bisa bekerja dengan serius," cerita Linda Leo.

Saat berpacaran kata Linda Leo, Sugianto Setiono terjadi kehamilan dan Linda Leo meminta agar dirinya dinikahi oleh Sugianto Setiono.

"Sugianto Setiono tidak bisa menikahi saya karena dia terikat hubungan pernikahan dengan seorang perempuan bernama Bo Ida Hamidah alias Pau-pau dan tidak mungkin dicerai. Setelah saya hamil baru mengetahui kalau Sugianto Setiono sudah mempunyai seorang istri," lanjut Linda Leo.

Linda Leo juga memaparkan, sewaktu dirinya berpacaran dengan Sugianto Setiono, dia memperkenalkan 

Stevani Alexander alias Anggelina Carenza kepada Sugianto Setiono sebagai anaknya dari pernikahannya dengan Hendry Alexander.

"Saat itu Sugianto menerima. Bahkan mengatakan saya seorang pelacurpun dia tetap mencintai saya," papar Linda Leo sambil terisak.

Dalam sidang Linda Leo juga mengatakan dirinya melahirkan anak hasil hubungannya dengan Sugianto Setiono secara caesar atau sesar.

Bahkan anak saya dari Sugianto Setiono pernah menanyakan siapakah Hendry Alexander itu dan saya jelaskan kalau itu adalah mantan suami saya,

Dijelaskan juga oleh Linda Leo bahwa Sugianto Setiono sempat takut dan kebingungan sewaktu mengetahui Linda Leo hamil dan faktanya belum juga dinikahi secara resmi oleh Sugianto Setiono karena Sugianto Setiono masih terikat pernikahan sah dengan Bo Ida Hamidah.

"Sempat ada alternatif digugurkan, tapi akhirnya dibatalkan, karena kita sama-sama takut akan cerita-cerita mistis kalau menggugurkan kandungan," jelas Linda Leo.

Karena takut jadi pergunjingan akibat hamil tapi tidak bersuami, akhirnya Linda Leo, Sugianto Setiono dan Idah Hamidah alias Pau-Pau, bertiga berembuk dan menemukan solusi mencari sesorang untuk dijadikan dan berpura-pura menjadi ayahnya Michael.

"Ayah pura-pura itu atas persetujuan Sugianto Setiono.

Ditanya Salawati apakah seseorang yang menjadi ayah pura-pura itu tinggal bersama dengan Linda Leo,? Dijawab Linda Leo Betul.

"Tap dia tinggalnya di Ruko, sedangkan saya tinggal di jalan Candi Trowulan," jawabnya.

Dalam sidang pemeriksaan terdakwa, Linda Leo juga menerangkan kalau latar belakang ekonomi keluarganya tergolong mampu sebelum dia menikah dengan Sugianto Setiono.

"Sejak lulus kuliah di Petra saya langsung bekerja di toko bangunan milik mama saya. Bahkan saat saat saya menikah dengan Sie Hendry Alexander, Henry Alexander juga diberi modal mama saya membuka toko bangunan disebelah. Bahkan saat saya sudah menikah dengan Sugianto Setiono ditahun 2009, saya tetap digaji oleh mama saya untuk mengurusi toko bangunan," terang Linda Leo.

Diakhir persidangan Linda Leo mengatakan dirinya baru empat bulan kemudian mengetahui sudah diam-diam diceraikan oleh Sugianto Setiono.

"Saya baru tahu diceraikan Sugianto Setiono empat bulan kemudian, dan atas kejadian itu saya dan penasehat hukum melaporkan Sugianto Setiono. Nah 10 miliar itu bukan gono-goni, tapi perdamaian di Polrestabes Surabaya. Rp 10 miliar itu tidak ada sangkut pautnya dengan gono-gini," pungkasnya. (Ban)

Posting Komentar

0 Komentar