Pemkot Surabaya Kembangkan Wisata Air Kalimas

 



Surabaya- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengajak puluhan pimpinan perusahaan media beserta redaksi dan perwakilan organisasi pers di Kota Pahlawan menikmati Wisata Air Kalimas, Rabu (15/6/2022) malam. Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dengan awak media sekaligus untuk menghimpun masukan-masukan demi kemajuan Kota Pahlawan.

Sembari menaiki perahu, puluhan awak media itu diajak menikmati eksotisme malam di Kota Surabaya via Kalimas. Rute dimulai dari Dermaga Monumen Kapal Selam (Monkasel) dan singgah di Floating Market Dermaga Taman Prestasi. Kemudian, dilanjutkan menikmati live painting di Dermaga Taman Ekspresi dan finish ke Dermaga Siola.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, kegiatan silaturahmi ini sekaligus untuk menghimpun masukan dari awak media supaya pengembangan destinasi Wisata Air Kalimas lebih sempurna. Sebab menurutnya, kesempurnaan itu terjadi ketika semua stakeholder menjadi bagian dan memberikan masukan.

"Banyak masukan yang sudah saya terima dan Insyaallah akan melengkapi. Sehingga ini saya yakin, ketika warga Surabaya atau siapapun yang berwisata ke Surabaya memanfaatkan Kalimas ini akan merasa bisa lebih happy (senang), nyaman dan bahagia," kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Ia menyadari betul, bahwa membangun Kota Surabaya tak bisa dilakukan sendiri. Membangun sebuah kota akan sempurna apabila seluruh stakeholder termasuk awak media terlibat di dalamnya. "Dengan sinergitas yang kuat itulah yang membuat Surabaya menjadi hebat," terang Cak Eri panggilan lekat Wali Kota Surabaya.

Sejumlah masukan dari awak media itupun ditampung Wali Kota Eri Cahyadi ketika bersama-sama menyusuri Wisata Air Kalimas. Beberapa masukan itu di antaranya, menambah lampu penerangan, spot-spot wisata, musik dan pertunjukan seni hingga floating market. "Karena kan menyusuri sungainya panjang. Nah, ini akan kita tambahkan titik-titik (spot) tertentu nanti, termasuk Pasar Apung," ujar Cak Eri.

Meski tiket yang ditawarkan ada objek Wisata Air Kalimas tidak mahal, Cak Eri menginginkan agar wisatawan itu bisa senang dan bahagia. Bahkan, untuk memanjakan mereka, di sepanjang Sungai Kalimas bakal ditambah lagi dengan spot-spot seni dan Pasar Apung.

"Nanti setiap wisatawan itu akan diberhentikan di titik-titik tertentu untuk menikmati dan membeli produk-produk UMKM yang kita pasarkan di Sungai Kalimas," ungkap dia.

Pasca diresmikan pada 31 Mei 2022 lalu, Cak Eri menyatakan, bahwa animo wisatawan yang ingin menikmati Wisata Air Kalimas terus meningkat. Bahkan, di saat weekend, tiket yang dijual melalui online langsung ludes dalam waktu sekejap.

"Maka kita juga akan menambah perahu, karena pada Sabtu dan Minggu, perahu kita sudah tidak menampung. Jumlah yang antre sangat luar biasa, animonya tinggi," katanya.

Oleh sebabnya, selain berencana melengkapi spot-spot wisata baru, Cak Eri juga bakal menambah lagi unit perahu. Itu diharapkan agar wisatawan yang ingin menikmati Wisata Air Kalimas tidak terlalu lama menunggu perahu datang.

"Sekarang ada 12 perahu, Insyaallah kita akan menambah sekitar lima atau tujuh. Karena nanti kan di situ termasuk ada Perahu Apung dan UMKM yang jualan di sana," imbuhnya.

Di lain hal, Cak Eri juga menginginkan agar silaturahmi dengan awak media dapat digelar rutin maksimal dua bulan sekali. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan masukan untuk pengembangan potensi wisata lain sekaligus menyempurnakan pembangunan di Kota Surabaya.

"Maksimal dua bulan sekali saya minta tolong masukan-masukannya apa yang bisa dikerjakan pemkot. Sehingga anggaran pemkot ini betul-betul untuk umat dan warga Surabaya," pungkasnya. (Ham)

Posting Komentar

0 Komentar