Awas ! Kenali Bahaya Jamur Enoki


Beberapa tahun kebelakang ini terjadi wabah di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia di karenakan jamur enoki yang di impor dari korea selatan. Wabah ini sudah memakan banyak korban hingga menyebabkan kematian.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengindikasi bahwa wabah ini disebabkan oleh jamur enoki yang terinfeksi oleh bakteri Listeria Monocytogenes.

Listeria Monocytogenes sendiri merupakan bakteri yang bisa menjadi ancaman serius bagi bayi, anak-anak, maupun lansia. Terlebih lagi bakteri ini juga rentan terhadap orang yang sedang berimun lemah.

Mereka yang terjangkit akan mengalami gejala seperti sakit leher, sakit kepala, bahkan kejang-kejang. Terkadang gejala gejala tersebut juga di iringi dengan demam tinggi.

Namun ini bukan menyebabkan semua produksi jamur enoki berbahaya. Dilansir dari Food Poisoning News, produksi jamur ini ditemukan di dua perusahaan Korsel, salah satunya adalah Green Co. LTD.

Tak perlu khawatir karena beberapa komunitas ahli gizi menegaskan bahwa jamur enoki tetap aman dimakan asalkan higenis.

Jangan lupa untuk tetap mencuci tangan dan makanan sebelum dikonsumsi. Mencuci tangan menggunakan sabun dan mencuci makanan menggunakan air mengalir dan bilas dengan air matang.

Oleh : Farrel Rachyansani Sayyidina, Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang


Lebih baru Lebih lama
Advertisement