PDAM Surya Sembada Surabaya Luncurkan Aplikasi CIS, Ini Untungnya Bagi Konsumen

 





Surabaya-PDAM Surya Sembada Kota Surabaya meluncurkan aplikasi Customer Information System (CIS), Jumat (23/12/2022). Peluncuran Aplikasi CIS ini guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan di era digitalisasi.


“Tujuan aplikasi ini untuk memudahkan pelanggan yang memiliki mobilitas tinggi dan jarang berada di rumah. CIS ini dapat diakses darimana saja. Ini upaya kami untuk semakin dekat dengan pelanggan," ujar Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Arief Wisnu Cahyono di kantor PDAM Surya Sembada Surabaya.


Lebih lanjut Arief menjelaskan, fungsi aplikasi ini telah diperluas. Tidak hanya memantau pencatatan meter air, tapi juga terintegrasi menjadi portal pembayaran nontunai. Simpel dan memudahkan pelanggan.


Masih Arif, CIS ini disesuaikan dengan semakin meningkatnya kebutuhan pelanggan, yang tadinya hanya melihat informasi pemakaian, penyampaian keluhan, pencatatan meter mandiri dan pendaftaran pasang baru. Saat ini sudah bisa melakukan pembayaran nontunai.


“Di CIS ini ada fitur-fitur baru yang lebih memudahkan pelanggan, antara lain ada tambahan menu pembayaran tagihan, informasi gangguan air, dan informasi loket pembayaran. Kami ingin pelanggan dapat melakukan beragam keperluannya terkait pelayanan PDAM dalam satu genggaman melalui CIS,” jelas Arief Wisnu Cahyono.


Dia juga menyampaikan bahwa, untuk menu pembayaran terdapat beberapa pilihan bank pada virtual account yang bisa dipilih pelanggan. Setiap bank yang dipilih akan menampilkan kode bayar yang akan dimasukkan pada saat melakukan pembayaran melalui ATM atau mobile banking. Selain virtual account pelanggan juga bisa menggunakan metode pembayaran QRIS.


Mengenai informasi terbaru, kata Arif, dari PDAM Surya Sembada Kota Surabaya yang selalu update, sehingga pelanggan dapat mengetahui informasi secara real time dan tidak tertinggal informasi terbaru.


Sedangkan cara mendownload aplikasi ini sangat mudah. Pelanggan tinggal ketik kata kunci “Customer Information System” di playstore pada telepon genggam dengan OS Android kemudian mengunduh aplikasinya. Langkah selanjutnya mengisi informasi seputar data pelanggan, nama, nomor pelanggan, nomor HP. Kemudian pelanggan akan menerima SMS kode verifikasi/ OTP (One Time Password) untuk masuk/login. 


"Pelanggan yang mendownload aplikasi ini tidak perlu khawatir tentang keamanan datanya, karena semua data itu tersimpan di server kami sendiri, dan kami jamin aman. Apalagi kami sudah ISO 27001dan sudah kerjasama dengan BSSN juga untuk keamanan sistem," ungkapnya. 


Arif berharap semua pelanggan bisa mendownload aplikasi ini untuk kemudahan pelayanan PDAM. "Hingga saat ini, aplikasi ini sudah didownload sekitar 100 ribu lebih, kami yakin akan terus bertambah seiring berjalannya waktu," pungkasnya. (Ham)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement