Serempak Pimpinan Dewan Dan Struktural Fraksi Ditetapkan

Surabaya Newsweek- Rangkaian paripurna diawali dengan  pimpinan DPRD Surabaya  yang dilantik (difinitf), rapat paripurna istimewa dilanjutkan dengan penetapan structural 8 fraksi agar bisa segera membentuk Pansus Tatib dengan anggota utusan dari seluruh perwakilan fraksi

Pengambilan sumpah yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Surabaya, Hari Supriyono. Acara dimulai pukul 10.00 Wib dan berlangsung sekitar 1 jam. Ketua DPRD Surabaya periode 2014-2019, Armuji menegaskan, bahwa pihaknya tidak anti kritik dan anti teguran. Bila pihaknya selaku unsur pimpinan legeslatif melakukan kesalahan atau melenceng, maka pihaknya siiap untuk ditegur dan diingatkan.

"Untuk itu kepada seluruh anggota jangan sungkan-sungkan untuk menegur kami selaku pimpinan dewan. Demikian juga untuk walikota silakan menegur dan mengingatkan kalau kami ada kesalahan," ujar Armuji di acara pengambilan sumpah janji jajaran pimpinan DPRD Surabaya di gedung DPRD Surabaya, Rabu (16/9).

Dijelaskan politisi asal PDIP ini, bahwa unsur pimpinan bukanlah jabatan yang tertinggi. Jabatan ketua, wakil ketua dan semua anggota dewan para prinsipnya adalah sama. "Yang membedakan adalah tugas di masing-masing alat kelengkapan," tuturnya.

Ditambahkan Armuji, pihaknya menghimbau kepada semua ketua fraksi untuk segera mengirim nama-nama anggota yang akan  duduk di Pansus. Seperti Banmus, Banleg, BK dan Komisi-Komisi. "September ini ada agenda mendesak yakni  penuntasan RAPBD 2015," tegasnya.

Sementara itu, Walikota Surabaya Tri Rismaharini berharap bisa menjalin komunikasi, kerjasama serta memperhatikan persoalan-persoalan rakyat.

"Kami yakin dengan kebersamaan antara legeslatif dan eksekutif  bisa bersinergi dan membawa Surabaya  menjadi lebih baik," ujar Risma, panggilan akrab Tri Rismaharini dihadapan sidang paripurna pengambilan sumpah  jajaran pimpinan DPRD Surabaya.

Kemudian rapat paripurna istimewa dilanjutkan pukul 14.45 wib, untuk menetapkan susunan structural fraksi, yang diharapan bisa segera membentuk Pansus Tatib Dewan yang anggotanya terdiri dari utusan masing masing fraksi.


Sempat terjadi hujan protes dari sejumlah anggota dewan terkait kesalahan nama, tulisan dewan pimpinan cabang/daerah, dan gelar yang tercantum dalam structural anggota fraksi yang disusun oleh Sekwan DPRD Surabaya. ( Ham )


Lebih baru Lebih lama
Advertisement