Penjaringan Bacakada Tidak Sesuai Persyaratan PKPU





Surabaya Newsweek- Banyaknya partai di Kota Surabaya yang telah membuka penjaringan Bacakada untuk Pilwali Surbaya 2015, meskipun diketahui bahwa, partainya hanya bisa mengusung calon dengan cara berkoalisi.


Untuk Surabaya, sesuai persyaratan PKPU terkait, perolehan kursi legeslatif, hanya PDIP Perjuangan yang bisa mengusung Bacakada sendiri. Sementara 11 partai lain, harus bergabung (koalisi) jika, ingin masuk dalam perhelatan Pilkada Surbaya 2015.


Ironisnya, kondisi ini terkesan diabaikan  oleh semua Partai, sehingga, sekarang hampir seluruh partai politik melakukan penjaringan Bacakada ditempatnya masing-masing.


Beberapa sumber mengatakan, jika sikap sejumlah partai yang melakukan penjaringan di kantornya, terkesan, memberikan harapan palsu kepada Bacakada, karena hasil akhirnya tetap bergantung kepada deal politik hasil koalisi. Namun anehnya, tak sedikit pula Bacakada, yang dengan semangat mendaftarkan diri meskipun, sudah mengetahui jika belum jelas nasibnya akan dibawa kemana.


Endy Suhadi politisi Partai Gerindra Surabaya, yang saat ini menjadi anggota Komisi C DPRD Surbaya mengatakan, seharusnya berkoalisi dulu, baru kemudian melakukan penjaringan bersama, agar tidak mengarah ke pemberian harapan palsu (PHP ), terhadap Bacakada yang mendaftar.


“Tidak hanya untuk Surbaya, tetapi juga untuk daerah lain, saya tidak menilai bahwa, melakukan penjaringan sebelum berkoalisi itu salah, tetapi, akan lebih baik dan efisien jika, penjaringan itu dilakukan setelah partainya berkoalisi, untuk menghindari manuver politik baru di antara, anggota kolaisi,” terangnya. (18/5/15)


Disinggung , apakah idenya telah di komunikasikan di partainya karena faktanya, partai Gerinda juga melakukan penjaringan, sebelum melakukan  koalisi dengan partai lain, menurut Endy terkait idenya, sudah disampaikan, namun penjaringan kali ini lebih difokuskan yang kepada kepentingan Bacakada dari partai sendiri.


“Iya ini lebih kepada calon, misalnya, di Gerindra ada calon, demikian juga dengan partai lain, yang ternyata, juga memiliki calon masing-masing asal intern partainya,” ucapnya. ( Ham )



Lebih baru Lebih lama
Advertisement