Bandeng Robi Anggriawan Jadi Juara Bandeng Kawak

SIDOARJO – Jelang lelang bandeng, empat ekor bandeng  masuk nominasi terbesar yang diikutkan dalam lelang Bandeng kawak Sidoarjo 2015, selasa (22/12).

 Bandeng Kawak Sidoarjo itu digelar dalam rangka memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H, sebagai tradisi khas Sidoarjo yang sudah lama digelar oleh petambak dan pemkab Sidoarjo.

 “Untuk bisa seberat 10 kg, paling tidak membutuhkan waktu 8 tahun,” ujar Sultoni, salah satu petambak yang ikut bandeng kawak tahun ini.

 Menurutnya, agar petambak biasanya menyisakan ratusan ekor ikan bandeng yang dipanen untuk dibudidaya lagi sampai besar. Dari ratusan ekor itu, perkembangannya tidak sama ada yang cepat besar dan ada yang perkembangannya lama.

 Dalam acara bandeng kawak yang digelar, Selasa (22/12/2015),  empat bandeng yang turut serta sebagai  nominasi.

 Pertama,  bandeng milik dr Fatih, warga Jalan Seroja, Gang Gajah No 3, Sidoarjo dari tambak Kepetingan, umur 5 tahun berat 4,58 kg. Kedua, Abdullah Mukhlis, warga Jalan Malik Ibrahim 45, asal tambak Bromo, umur 3 tahun dengan berat 4,14 kilogram.

 Ketiga, bandeng milik Robi Angriawan, warga Magersari, Sidoarjo dari tambak Kalikajang, Sidoarjo umur 7 tahun dengan berat 6,39 kilorgram.

 Empat, bandeng  milik H Saiful Bahri Sekardangan I/I Sidoarjo bandengnya dari Tambak Kamira, Sekardangan, umur 6 tahun, berat 3,95 kilogram.

 Mereka bisa dikatakan langganan tiap tahun ikut festival bandeng kawak dan mereka mempunyai stok cukup banyak bandeng berukuran besar.

 Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Sidoarjo, Vino Rudy Muntiawan, yang membuka festival bandeng kawak itu menjelaskan jika tradisi petambak itu harus dilestarikan sebagai tradisi khas Sidoarjo .

 “Kita berharap agar tiap tahun kegiatan semacam ini tetap digelar. Karena ini tradisi yang harus dilestarikan.Bukan itu saja, semakin tahun cakupannya semakin luas dan kemeriahannya,” ungkapnya.

 Menurutnya, rangkaian acara lelang bandeng seperti bazar ikan bandeng yang dijual dengan 50 % dari harga pasar volumenya harus semakin banyak.(had)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement