Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan di Puskesmas

 Siti Asiah SKM MM Kes
MOJOKERTO - Dalam rangka pengembangan Sistem Informasi Kesehatan di Puskesmas, mulai tanggal 6 Juli 2015, dilaksanakan proses install Aplikasi Sikda Generik yang telah berhasil didownload dari Pusdatin Kementrian Kesehatan RI. Diawali dari Puskesmas Sooko, Trowulan dan Tawangsari, aplikasi tersebut telah diinstall petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto.

 Aplikasi ini sangat berguna untuk merekam pasien yang berkunjung di puskesmas. Jika selama ini Puskesmas masih manual, maka dengan adanya aplikasi ini Puskesmas akan memiliki data tersimpan dalam komputer. Aplikasi ini adalah program dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. 

 Yang mana untuk mendapatkan aplikasi ini tidak dikenakan biaya. Namun demikian untuk proses pengembangannya diperlukan biaya yang cukup besar. 

 Yakni untuk mencukupi sarana-prasarana seperti komputer, jaringan internet, maupun server yang sedang dalam proses pemenuhan sarana oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto. 

 Siti Asiah SKM MM Kes (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto mengatakan, " Kami bertekat untuk meningkatan mutu pelayanan dimasing masing puskesmas dan meningkatkan kinerja dengan profesional pada seluruh pegawai kesehatan," jelas Bu As sapaan akrabnya.(ris)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement