Kepengurusan HIPPAM Sumber Arum Singojuruh Karut Marut

Pengurus hippam baru benahi istalasi air
BANYUWANGI - Carut-marutnya kepengrusan Himpunan Pemakai Air Minum (HIPPAM) Sumber Arum desa Singojuruh kecamatan Singojuruh Banyuwangi mengakibatkan kekecewaan bagi konsumen/anggota, dimana pada musim kemarau panjang para konsumen/anggota sangat membutuhkan air bersih, tetapi air itu tidak bisa terpenuhi yang akhirnya menimbulkan kegaduhan.

 Menurut informasi dari masyarakat, HIPPAM Sumber Arum yang dipimpin “Tafik Hidayat” dan kawan-kawan kurang lebih 3 tahun, disinyalir menegamennya carut marut, melenceng atau amburadur, sehingga menimbulkan penyimpangan sehingga menimbulkan kerugian.

 Yang akhirnya untuk membeli pulsa listrik untuk menggerakkan pompa tidak bisa, akhirnya  kepengurusannya diambil alih oleh kepala desa Singojuruh “Sahuni S,Sen MM “ dan dipercayakan kepada pengurus baru melalui Surat Perintah Tugas Nomer, 05/429.508.05/2015.

 Surat Perintah Tugas diberikan  kepada Hadi Susetyo selaku ketuaTim. Boehari BA sebagai Sekretaris Tim dan Arif Rahman sebagai Bendahara Tim, semua itu atas dasar Surat Pernyataan pengunduran diri dari ketua HIPPAM Sumber Arum Taufik Hidayat periode kepengurusan tahun 2012 sampai dengan tahun 2017 tertanggal 18 Nopember 2015.

 Sesuai usulan dari tokoh masyarakat anggota HIPPAM yang peduli terhadap keberadaan Hippam Sumber Arum, maka perlu dibentuk Tim Pelaksana distribusian air Hippam ke masyarakat yang meliputi dusun Krajan Barat.dusun Krajan Timur dan dusun Krajan Selatan, maka terbitlah Surat Perintah Tugas dari kepala desa Singojuruh dengan No. 05/429.508.05/2015.tanggal 24 Nopember 2015.

 Pengurus baru langsung bertindak mengadakan evaloasi dari kepengurusan lama, ceking pada pelanggan/anggota, akhirnya air bisa mengalir kembali. Dalam perjalanan Tim, maka pada hari Minggu (13/12) dirumah Sunaryo dusun Krajan Barat, diadakan rapat anggota dan penetapan pengurus Hippam Sumber Arum.

 Pada rapat anggota secara aklamasi Boehari terpilih menjadi ketua Hippam, sebab semua anggota mengetahui kinerja Boehari yang sudah nyata memberikan pelayanan, sehingga air bisa mengalir normal. Akan tetapi amanah yang diberikan oleh anggota ditolak oleh Boehari, dengan alasan sudah sibuk dengan pekerjaan sendiri.

 Dengan ditolaknya oleh Boehari BA yang terpilih sebagai ketua HIPPAM, maka dilanjutkan kembali musyawarah mufakat yang akhirnya menetapkan  pengurusan Hippam yang baru, dan ditetapkan secara difinitif.

 Pengurus Hippan SumberArum secara definitif sebagai ketua Hippam yang baru  periode 2015 - 2020 adalah Hadi Susetyo warga dusun Krajan Selatan. Boehari BA dari dusun Krajan Selatan sebagai Sekretaris . Arif Rahman dari dusun Krajan Timur sebagai Bendahara dan Sunaryo dari dusun Krajan Barat sebagai Pengawas
Sekretaris HIPPAM dikonfirmasi tentang langka-langka pada pengurus baru sekarang ini adalah; untuk menormalisasi pendistribusian aliran air kepada warga masyarakat, agar semua anggota bisa teraliri air semua , dengan cara pemasangan Gatvalep (pengaturan air) sebanyak 8 titik, dan 1 gatvalep seharga Rp 80 ribu ada Rp 200 ribu, dan ini tak berhenti disini, kita adakan inovasi, bagai mana semuanya bisa berjalan lancar dan anggota bisa puas menikmati air bersih. Katanya

 Ketua HIPPAN yang baru Hadi Susetiyo dikonfirmasi mengenai anggota/pelanggan air minum yang ada sekarang berjumlah 340 anggota akan tetapi yang terdaftar di retribusi pemungutan hanya 301 anggota.

 Telusur punya telusur bahwa yang ke 39 anggota itu merupakan anggota siluman, sebab ke 39 anggota yang waktu pemasangan baru dulu @ Rp 450 ribu dengan total rincian Rp 17.550.000,-yang meliputi dusun Krajan Barat 22 anggota, dusun Krajan Selatan 7 anggota dan dusun Krajan Timur sebanyak 10 anggota, semuanya tidak dimasukan laporan pembukuan.

 Begitu juga penagihan pemakian air, maupun beban meteran Rp 2000,- selama kepengursan yang lama tidak dimasukkan dalam pembukuan atau laporan keuangan, dan langka-langka sekarang yang kita kerjakan  adalah pembenahan managamen, pembenahan instalasi air, agar pendistribusian air ke masyarakat  bisa lancar dan normal. (jok)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement