Kosgoro Lumajang Fokus Pada Pemberdayaan Masyarakat

LUMAJANG - Kosgoro 1957 Kabupaten Lumajang berkomitmen dan berkonsentrasi pada gerakan pemberdayaan masyarakat, khususnya pembangunan ekonomi kerakyatan. Hal ini disampaikan Pimpinan Daerah Kosgoro 1957 Kabupaten Lumajang Basuki Rakhmad SH, M.Hum, C.L.A, usai acara Pelantikan Dan Pengukuhan Pengurus Pimpinan Daerah Kosgoro 1957 Kabupaten Lumajang, masa bhakti 2015-2020, Gedung Dr. Soejono Lumajang.

 Tidak tanggung-tanggung, demi pemberdayaan ekonomi rakyat, Basuki Rakhmad berjanji akan mengucurkan dana pemberdayaan masyarakat beberupa bantuan modal kepada sektor UKM di Lumajang. “Itu yang ingin kita bangun,” ujarnya di hadapan sejumlah media.

 Setelah pelantikan Pengurus di tingkat Kabupaten maka dilakukan pelantikan di tingkat kecamatan. Kata Okik, panggilan karibnya, Kosgoro 19d57 harus mempu mengembangkan kemampuannya di bidang ini. “Di sektor ekonomi, masing-masing kecamatan akan kita kembangkan sektor ekonomi yang menjadi unggulan dari kecamatan itu. Kami akan mengucurkan dana kepada unit-unit ekonomi tingkat kecamatan untuk dikembangkan,” ungkapnya.

 Nilai bantuan yang bakal dikucurkan per kecamatan di atas Rp 50 juta. Baru setelah dinilai bagus dan mengalami perkembagan, pihaknya, ungkap Okik, tidak akan segan-segan mencairkan dana yang lebih besar

 Berkenaan dengan soal politik, Dia memilih dan memutuskan untuk tidak tampil di panggung politik. Janjinya hanya satu, berkonsentrasi kepada pengembangan ekonomi kerakyatan. Masalah politik sudah ada yang mengurus yakni rekan-rekan politisi. “Saya ndak ngerti politik. Karena itu kami akan tetap bergerak di sektor ekonomi,” ujarnya.

 Berbagai kalangan hadir dalam acara Pelantikan Pengurus Kosgoro 1957 ini. Mulai dari tokoh masyarakat Lumajang, LSM, mahasiswa, sejumlah kepala desa, dan organisasi profesi. Bupati Lumajang Drs. H. As’at, M. Ag, Kapolres Lumajang AKBP Fadly Munzir Ismail, SIK, terlihat juga hadir.

 Pengukuhan Pimpinan Daerah Kosgoro 1957 Kabupaten Lumajang dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP Kosgoro 1957, HR. Agung Laksono. Saat memberikan sambutan Agung Laksono meminta seluruh kader Kosgoro di Lumajang bekerja keras. “Bekerjalah dengan keras untuk pemberdayaan masyarakat. Jalin kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat, bangun kerja sama dengan pemerintah daerah,”pintanya.

 Agung Laksono, menyampaikan, anggota Kosgoro 1957 boleh dari siapapun dan kalangan manapun karena ini ormas. Kalau ormas anggotanya boleh siapa saja termasuk PNS bisa menjadi anggota Kosgoro selama punya komitmen mengabdi untuk kepentingan masyarakat.

 “Makanya saya meminta kepada seluruh anggota Kosgoro di Lumajang untuk tetap menjaga kesatuan dan persatuan dalam azas Pancasila,” pungkasnya. Sejarah berdirinya Kosgoro 1957, imbuh Agung Laksono, karena menjunjung semangat kebangsaan dalam NKRI. Ini harus menjadi pedoman setiap kader Kosgoro di Lumajang.(h)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement