Diusung Dispendik Kab Probolinggo, Pemkab-Polres Kab. Probolinggo Gelar Lomba Polisi Cilik

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo
Drs. Tutug Edi Utomo, MM  saat memberikan sambutan 
PROBOLINGGO - Nuansa lain terlihat dipelataran Gedung Olah Raga (GOR) Sasana Krida kota Kraksaan. Pasalnya saat itu, Rabu (2/3) tengah dilangsungkan ajang lomba Polisi Cilik. Kegiatan yang diprakarsai Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo ini, mengikutsertakan 24 pleton Polisi Cilik perwakilan dari 24 Cabang Dispendik se-Kabupaten Probolinggo. Dimana masing-masing pleton beranggotakan 20 orang yang akan memperagakan ketrampilan PBB dan senam lalu lintas.

Kabid Pendidikan luar sekolah, Olah Raga dan Keseniaan Dispendik, Priyo Siswoyo SH,MH dalam laporannya menyampaikan terlaksananya kegiatan lomba Polisi Cilik ini merupakan hasil kerjasama Pemkab dan Polres. Selain itu, even lomba ini merupakan rangkaian dari peringatan 3 tahun HATI mengabdi.

Agenda yang dibuka Asisten Tata Praja Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Agus Widodo, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan H Nasrullah A Suja’i, Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Ahmad Hudi Arif, Ketua PGRI Kabupaten Probolingg Purnomo serta para Kepala Cabang Dispendik yang tersebar di 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya, Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan kegiatan ini digelar untuk mempersiapkan generasi muda dalam mengenal lalu lintas. Program ini merupakan implementasi penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) berjenjang mulai dari Kapolri dan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan RI hingga tingkat Kabupaten Probolinggo.

“Pendidikan lalu lintas memang perlu masuk ke kurikulum di semua sekolah. Hal ini bentuk implementasi menanamkan budaya tertib berlalu lintas di masing-masing lembaga sekolah, sehingga siswa dapat memahami teknik berlalu lintas sejak dini,” katanya.

Sementara Kapolsek Kraksaan Kompol Subadar mengatakan bahwa ada 3 (tiga) makna yang dapat diperoleh dalam lomba polisi cilik ini. Diantaranya adanya pemahaman lalu lintas, kedisiplinan dan ketahanan fisik. “Penanaman pendidikan lalu lintas perlu dilakukan sedini mungkin agar lebih taat pada peraturan lalu lintas. Dengan pelatihan ini tentunya dapat melatih ketrampilan dan kedisiplinan yang mampu membangun fisik yang kuat,” ungkap perwira ini.

Sedangkan Asisten Tata Praja Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari yang juga berkesempatan member sambutan mewakili Bupati Puput Tantriana Sari menyampaikan bahwa para peserta lomba merupakan tunas muda bangsa yang akan menggantikan pemimpin saat ini dimasa yang akan datang. Sehingga mulai saat ini harus siap dan meningkatkan kedisiplinannya.

“Kunci sukses dimanapun itu adalah disiplin. Sehingga harapannya dengan lomba ini adik-adik sudah mulai dini terbiasa menerapkan disiplin dan mentaati peraturan lalu lintas. Jangan sampai setelah mengikuti lomba ini tidak disiplin. Setidaknya bisa menjadi contoh di keluarga dan sekolah,” katanya.

Kabid Pendidikan luar sekolah, Olah Raga dan Keseniaan Dispendik, Priyo Siswoyo SH,MH yang berhasil di temui Surabaia New Week menyampaikan terlaksananya kegiatan lomba Polisi Cilik ini merupakan hasil kerjasama Pemkab dan Polres. Selain itu, even lomba ini merupakan rangkaian dari peringatan 3 tahun HATI mengabdi.

Nampak sejumlah kelompok peserta Polisi Cilik perwakilan dari beberapa sekolah dasar memperagakan teknik berlalu lintas, mulai dari mengatur alur lalu litas hingga tata cara baris berbaris ala polisi. Bahkan dari peserta yang mengikuti lomba ini, ada salah satu kelompok yang pernah berlaga dalam ajang yang sama hingga tingkat Provinsi.

Hal ini yang diapresiasi oleh Dispendik Kabupaten Probolinggo terhadap even lomba Polisi Cilik untuk terus digalakkan setiap tahunnya. “Kegiatan ini dapat merangsang siswa untuk lebih memahami dan menerapkannya dalam lingkungan, bahwa berlalu lintas yang baik akan banyak member manfaat terutama dari segi keselamatan.”Ujar Kadispendik, Tutug Edi Utomo saat dimintai komentarnya terkait kegiatan tersebut.

Disela kegiatan lomba polisi cilik tersebut, Kadispendik juga menyerahkan sejumlah hadiah kepada pemenang lomba kompetisi smart tingkat nasional. Salah satunya  Muhammad Ilham Rosyidan, siswa SDN Sebaung I Gending yang meraih juara 2 tingkat Nasional. Kemudian Angger Ilhan A, siswa SD Al Irsyad yang masuk peringkat 7 serta Nurcholiq Majid D dari SD Al Irsyad Kraksaan yang masuk  peringkat 10. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement