Hasil Musrenbang Kec.Kademangan Bisa Dipertanggung jawabkan

Camat Kademangan, Dra Ina Lusilinawati , M.Si bersama nara sumber 
PROBOLINGGO - Keterlibatan warga masyarakat dan pemerintahan di tingkat kelurahan, kecamatan hingga ke tingkat kota untuk mengusulkan berbagai program pembangunan 2017 sangat penting. Melihat kondisi tersebut, Selasa (01/3), Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Probolinggo melalui Kecamatan Kademangan yang membahas berbagai macam usulam melalui program Musrenbang (Musyarawah Perencanaan Pembangunan) tingkat kecamatan.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Kademangan, Dra Ina Lusilinawati , M.Si menyampaikan bahwa Musrenbang tak hanya digunakan sebagai formalitas saja, namun merupakan forum resmi dan legal untuk mewujudkan aspirasi masyarakat. “Musrenbang merupakan forum antar pelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana kerja pembangunan daerah kota Probolinggo tahun 2017. 

Sedangkan pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dalam menyusun rencana kerja pembangunan daerah kota Probolinggo serta sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan dengan program prioritas SKPD yang memerlukan pendanaan baik yang bersumber dari APBD kota APBD provinsi maupun APBN.”Ujarnya.

Lebih lanjut Camat Ina mengatakan, Musrenbang juga bisa dipertanggungjawabkan sehingga menghasilkan usulan yang cermat dan tajam, sehingga bisa dijadikan sebagai prioritas pembangunan di tahun 2016 ke depan. Disamping itu diharapkan pelaksanaan Musrenbang ini menjadi media stake holders untuk menetapkan program kegiatan ditahun berikutnya. ”tambahnya.

Sementara Itu Kepala Bappeda Kota Probolinggo, Imanto menyampaikan bahwa forum ini bagian dari tindak lanjut Musrenbangkel (kelurahan) yang meliputi tiga bidang, sarana dan prasarana fisik, sosial budaya, serta bidang ekonomi.

ada kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan tersebut, didatangkan narasumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Fajar Purnomo SE, MSi. Selain itu terlihat sejumlah undangan diantaranya H Hartono dari DPD LMP yang  serta LPM se Kecamatan Kademangan.

Sedangkan Fajar Purnomo saat menyampaikan makalahnya mengatakan dari semua ususlan yang terdiri dari Bidang Sosbud, Ekonomi dan Fisi Prasarana yang disampaikan 6 kelurahan di kecamatan Kademangan ini, diharapkan akan terakomodir dan selanjutnya dapat direalisasikan “Tentunya semua mengacu pada skala prioritas.”ujarnya.

Saat dimintai komentarnya menyangkut sejumlah ususlan yang berasal dari sejumlah kelurahan, Camat Kademngan Ina Lusilinawati mengharapkan semua usulan tersebut akan terealisasi. “Mengenai ususlan yang memang dianggap sangat urgen, kami akan berusaha menyampaikan hal tersebut agar usulan tersebut dapat direalisasikan.”ungkapnya. 

Ditambahkan oleh Ina, diharapkan dalam pelaksanaan musyawarah nantinya , dapat menghasilkan perencanaan yang maksimal menuju pembangunan tahun 2017 yang berbasis partisipasi masyarakat se Kecamatan tersebut dan dapat dipertanggungjawabkan secara riil. (Suh)-ok



Lebih baru Lebih lama
Advertisement