Pelaksanaan Kediri Koi Show 2016 Berlangsung Sukses

KEDIRI - Kediri Koi Show (KKS) tahun 2016tanggal 25 – 27 Maret  2016 di Convention Hall Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri sukses digelar. Event yang diprakarsai oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Kediri sinergi dengan Kediri Koi Club diikuti oleh 1.160 ikan berbagai jenis dan ukuran yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Diantaranya berasal dari Kediri, Blitar, Tulungagung, Yogyakarta, Tanggerang, Bali, Lombok, Makassar, Palembang dan masih banyal lagi.

Menurut Nurhafid, Kepala Bidang Perikanan  peserta tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 931 ikan, ada peningkatan sekitar 20%.Ukuran ikanpun pada tahun ini juga banyak yang besar - besar. Bila ditinjau dari target, sebetulnya panitia menargetkan 1000 ekor ikan sehingga tahun ini melebihi dari yang ditargetkan.

Sementara itu, Drh Sri Suparmi, MM, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri mengatakan bahwa misi dari kegiatan ini adalah mempersatukan pecinta  koi  Seluruh Indonesia dengan saling mengembangkan dan meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dapat bermanfaat bagi pengembangan koi di Indonesia. Disamping itu juga sebagai ajang promosiikan Koi Kediri agar dikenal di Seluruh Indonesia sekaligus partisipasi Hari Jadi Kediri yang ke-1212.

Perlu diketahui bahwa potensiikan koi di Kabupaten Kediri tersebar dibeberapa wilayah, dengan produk size banyak 54.669.000 ekor per tahun dengan nilai ekonomis sekitar 250 milyard. Sentra produk ikan hias di Kabupaten Kediri telah didukungdengan SK Bupati No. 188.45/124/418.32/2012 yaitu Kecamatan Plosoklaten, Ngadiluwih, Badas, Kras, Kandat, Ringinrejo, gurah dan wates.

Pada event Kediri Koi Show tahun 2016 ini, selain kontes juga dilaksanakan pameran dan bazar ikan dari pembudidaya ikan koi Kabupaten Kediri. Yang menarik juga akan digelar lelang ikan koi yang berkualitas bagus. Untuk pemenang dari KKS 5 ini,juara umum diraih oleh Plat AG Koi Kediri mendapatkan Piala Dirjend PDSKP Kementrian Perikanan. Sedangkan untuk Grand Champion diraih oleh peserta dari Sidoarjo mendapatkan Piala Bupati Kediri. (dim)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement