Cetak Generasi Unggul Abad 21, TP PKK Jombang Gelar Workshop Parenting


JOMBANG - Pentingnya pengetahuan Parenting, menjadi kebutuhan bagi setiap orang tua karena akan menentukan tumbuh kembang anak ke depannya. Oleh karena itu Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Jombang menggelar Workshop Parenting (Selasa/26/4/16) di Ruang Bung Tomo Pemkab Jombang. “Saya berharap Workshop parenting ini akan memberikan banyak manfaat bagi orang tua dalam memberikan pendidikan dan pengertian kepada anak,”harap Ir. Hj.Tjaturina Yuliastuti Wihandoko Ketua TP PKK Jombang disela acara tersebut.

Hj.Tjaturina Wihandoko mengatakan Untuk membentuk karakter orang tua unggul maka harus ada faktor-faktor yang mendukung keberhasilannya. Diantaranya banyak membaca buku mengenai masalah pendidikan anak, memperkaya informasi parenting melalui browsing di internet, ikut seminar parenting. “Salah satunya mengikuti workshop parenting ini, selain itu bisa  melalui diskusi-diskusi seminar dengan tema keluarga,”tutur Bunda Paud dan Bunda Baca Kabupaten Jombang. 

Workshop Parenting ini digelar selama dua hari yakni tanggal 26-27 April 2016. Sejumlah materi di sampaikan Di workshop yang diikuti oleh Ketua TP PKK Desa Se Kabupaten Jombang ini. Diantaranya adalah materi bagaimana mencetak generasi unggul berkarakter abad ke 21, selain itu juga disampaikan materi bagaimana komunikasi positif untuk membentuk karakter anak. Materi lainnya adalah tentang tahap perkembangan moral anak, materi tentang pola asuh ramah otak, membentuk kelekatan ibu-anak sejak dini kunci jiwa sehat, cerdas dan kreatif, serta materi bagaimana teknik bercerita untuk menanamkan karakter mulia pada anak.

Acara yang diselenggarakan oleh Pokja 2 TP PKK Kabupaten Jombang tersebut menghadirkan narasumber DR.Hj.Umi Dayati, M.P.d ( Dosen Universitas negeri Malang). Kepada orang nomor satu di 306  Desa juga orang nomor satu  di 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang tersebut Umi Dayati memotivasi untuk menjadi Ibu yang smart. Dipaparkannya bahwa didalam rumah tangga yang sukses, suaminya sukses pasti  dikarenakan ada seorang perempuan yang bisa memberi kontribusi yang baik. Kita harus menjadi wanita yang luar biasa yang siap dengan keadaan apapun. Hidup ini masa depan bukan masa lalu, beratnya suami beratnya istri juga. 

Istri sejati harus tahu kemampuan suami dan wanita tidak boleh cengeng, putus asa dan menggantungkan diri pada suami. Dan mampu membimbing anak-anaknya diera yang sudah sangat global ini. Pria mendukung peran wanita tapi tidak boleh melupakan kodrat wanita. Kebersamaan dan kekompakkan organisasi wanita berseragam hijau di Kabupaten Jombang tersebut di apresiasi oleh DR. Umi Dayati.  "TP PKK Kabupaten Jombang ini sangat luar biasa, kompak", tandasnya.

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko yang membuka Workshop tersebut berharap kepada Ketua TP PKK Desa agar dapat membantu pemerintah dalam mengurangi kenakalan remaja yang saat ini semakin meningkat. “Ibu Ibu Ketua TP PKK Desa adalah ujung tombak di masyarakat, oleh karena itu saya minta untuk dapat membantu pemerintah dalam mengatasi kenakalan remaja,”pintanya. 

Selain itu tambah Bupati Nyono, TP PKK Desa harus bersama sama pemerintah untuk menanggulangi peredaran narkoba yang saat ini sudh merajalela di masyarakat. “Narkoba sudah masuk ke semua elemen masyarakat, di desa bahkan sudah masuk ke pesantren, oleh karena itu mari kita bersama perangi narkoba, demi anak cucu kita agar menjadi generasi yang unggul dan tangguh,”pungkasnya. (hs/ko)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement